Bisnis

Arus Balik, Menhub Minta Pemudik Tidak Berhenti di Bahu Jalan

Arus Balik, Menhub Minta Pemudik Tidak Berhenti di Bahu Jalan

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik tidak berhenti terlalu lama pada saat arus balik mudik 2019. Sebab hal tersebut, bisa memicu kemacetan lalu lintas.

"Jadi rest area itu agak dihindari, karena kalau penuh dan masuk ke daerah-daerah bahu jalan, itu akan berbahaya," kata Budi di ketika meninjau di Gerbang Tol (GT) Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (7/6/2019).

Menurut Menhub, jika pemudik dengan kebugaran yang prima semestinya tidak lagi membutuhkan istirahat di rest area yang telah disediakan. Ini berlaku untuk rute-rute perjalanan yang tidak terlalu membutuhkan waktu lama.

Apalagi kini sudah ditunjang dengan kualitas jalan tol yang baik dan bagus.

"Jadi kalau mereka mulai dari Solo sampai ke sini (Jakarta), dengan satu tingkat kebugaran yang baik, mereka enggak perlu berhenti, enam jam itu bisa dilakukan. Kalau pun pergi, sebentar aja gitu," ujarnya.

Menurut Budi, hingga kini penanganan dan pengaman arus mudik hingga arus balik sudah sangat baik. Beragam skenario telah dipersiapkan dan diterapkan untuk mengatasi kepadatan  kendaraan di jalan. Seperti contraflow dan one way.

Selain kemacetan, fokus lain pemerintah lewat Kemenhub ada pada isu keselamatan atau safety dalam berkendaraan. Namun hasilnya cukup menggembirakan karena bisa menekan angka kecelakaan baik roda dua maupun roda empat.

"Itu adalah satu tantangan yang waktu itu saya sampaikan kemacetan insya Allah bisa kita atasi. Tetapi kalau berkaitan dengan keselamatan, itu tantangan, rupanyaini bisa diatasi," imbuhnya.

"Tapi kita tidak boleh lengah sekarang kita masih ada 5-6 hari ke depan (arus balik). Karenanya saya terima kasih pada stakeholder khususnya polisi," tuturnya.

Memasuki H+2 Lebaran, masyarakat atau pemudik sudah terlihat kembali ke Jakarta dari wilayah Timur Jawa dengan menggunakan sejumlah ruas tol. Salah satunya ialah di Tol Jakarta-Cikampek yang berada di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Pantauan Kompas.com di gerbang Cikampek Utama, arus kendaran dari Karawang menuju Jakarta terlihat ramai lancar. Tidak ada kepadatan dan antrean kendaraan sama sekali.

Meskipun ramai lancar, sejumlah petugas dari PT Jasa Marga terlihat siaga mengatur lalu lintas (lalin) yang berada di depan gerbang tol maupun di belakang pintu gerbang tol. Mereka mengarahkan pengguna kendaraan untuk tertib.