Bisnis

Astra International Gelontorkan Rp 20,8 Miliar untuk Pengadaan 50 Ventilator

Astra International Gelontorkan Rp 20,8 Miliar untuk Pengadaan 50 Ventilator

JAKARTA, - PT Astra International Tbk menggelontorkan dana senilai Rp 20,8 miliar untuk bantuan pengadaan 50 ventilator guna penanggulangan pandemi Covid-19. Ventilator tersebut disebar ke berbagai wilayah di 18 provinsi di Indonesia.

Ini menjadi tahap kelima Astra menyalurkan bantuan sebagai upaya membantu pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Melalui penyerahan ventilator ini, kami berharap dapat mempercepat penanganan pasien positif Covid-19. Tentu kita semua berharap agar pandemi ini segera berakhir,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dalam keterangan resminya, Kamis (10/9/2020).

Sebagian bantuan telah diberikan pada periode Juni-Juli 2020, mencakup sebanyak 10 ventilator telah disalurkan melalui Koordinator Grup Astra di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua.

Sebanyak 40 ventilator akan diserahkan secara bertahap di 18 provinsi di Indonesia, yakni Aceh, Sumatra Utara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Lalu juga disalurkan ke Nusa Tenggara Barat, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Papua.

Bantuan ini akan diserahkan oleh perwakilan Grup Astra di wilayah setempat kepada pihak rumah sakit atau instansi pemerintah lainnya sesuai dengan arahan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Daerah.

Adapun perusahaan Grup Astra yang berpartisipasi dalam bantuan tahap kelima ini adalah PT Federal International Finance, PT Astra Sedaya Finance, PT Asuransi Astra Buana, PT United Tractors Tbk, PT Pamapersada Nusantara, PT Astra Agro Lestari Tbk, dan dan PT Marga Mandalasakti.

“Astra konsisten dan terus bahu-membahu mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19," kata Djony.

Sebelumnya, Astra telah mengeluarkan dana senilai Rp 131 miliar yang mencakup bantuan tahap pertama hingga keempat. Dengan bantuan tahap kelima, maka total bantuan dari Astra mencapai Rp151,8 miliar.

Pada bantuan tahap pertama hingga keempat, Astra diantaranya telah menyalurkan alat pencegahan penyebaran Covid-19, 100 kendaraan jenis pick up dan 10 jenis truk, ventilator, hingga paket bahan pokok.