Bisnis

Didepak dari Kampus, Pria Ini Malah Jadi Miliarder

Didepak dari Kampus, Pria Ini Malah Jadi Miliarder

Jatuh bangun kerap dialami oleh siapa saja yang hendak menggapai keberhasilan. Hal itu pun berlaku untuk Peter Kelly, miliarder pendiri Softcat.

Sebelum menjadi miliarder seperti saat ini, Kelly ternyata pernah didepak dari kampusnya, North Staffordshire Polytechnic. Berdasarkan keterangan dari Bloomberg, setelah keluar dari kampusnya itu, ia bekerja sebagai sales di Xerox Corp.

Menginjak tahun 1993, akhirnya ia mulai mendirikan Softcat, perusahaan yang berbasis infrastruktur IT. Selama menjadi pemimpin, Kelly selalu menekankan pada pegawainya untuk selalu beretika baik. Hingga akhirnya membuat bisnisnya ini berkembang baik.

Di tahun 2015, Kelly menyatakan mundur dari dewan perusahaan. Namun, hingga saat ini, namanya masih menjadi pemegang terbesar dari perusahaan yang ia bangun tersebut.

Setelah itu, ia bergabung dengan pendiri Zscaler Inc bersama Ken dan Michael Xie di jajaran pengusaha perangkat lunak yang peruntungannya membengkak dengan pertumbuhan jaringan berbasis cloud. Pasar global untuk cloud ini diproyeksikan akan tumbuh sebesar 18 persen hingga 2023 menurut Research & Markets.

Harga saham Softcat Plc naik sebanyak 353 persen dari awal penawaran umum yang pertama dilakukan pada akhir 2015. Kelly juga telah menginvestasikan US$44,4 ribu hingga akhirnya menjadikan Kelly seorang miliarder.

Kelly mengontrol sepertiga dari Softcat. Dan kabarnya, perusahaan ini kabarnya juga menjadi salah satu perusahaan terbesar selain Microsoft Corp.

Pendapatan Softcat juga naik dua kali lipat sejak 2015 dan mencapai US$1,2 miliar untuk pertama kalinya pada tahun lalu.

Lihat artikel asli www.wartaekonomi.co.id