Bisnis

Erick Thohir Angkat Mantan Anak Buah Sri Mulyani Jadi Komut Pegadaian

Erick Thohir Angkat Mantan Anak Buah Sri Mulyani Jadi Komut Pegadaian

JAKARTA, - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat mantan anak buah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Loto Srinaita Ginting, sebagai komisaris utama PT Pegadaian (Persero).

Hal itu dipastikan setelah Erick merombak jajaran komisaris dan direksi PT Pegadaian (Persero).

Erick memberhentikan Ina Primiana dan Wahyu Kuncoro dari jabatan Komisaris Utama dan Wakil Direktur Utama.

Selanjutnya, Erick mengangkat Loto Srinaita Ginting sebagai Komisaris Utama Pegadaian, Makmur Keliat sebagai Komisaris Independen, dan Gunawan Sulistyo sebagai Direktur Umum Pegadaian.

“Bergabungnya Loto Srinaita Ginting, Makmur Keliat, dan Gunawan Sulistyo yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidangnya akan melengkapi jajaran komisaris dan direksi untuk mewujudkan Pegadaian sebagai perusahaan The Most Valuable Financial Company di Indonesia,” ujar Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/2/2020).

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Utama Pegadaian, Loto Srinaita Ginting telah lama berpengalaman dalam bidang keuangan. Dia pernah menjabat sebagai Direktur Surat Utang Negara di Kementerian Keuangan, Kepala Subdirektorat Pengelolaan Portofolio Surat Utang Negara.

Saat ini dia juga menjabat sebagai Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM.

Sementara itu, Makmur Keliat yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Independen di Pegadaian, sebelumnya juga menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Lalu, Gunawan Sulistyo sebelum menjabat sebagai Direktur Umum Pegadaian pernah menjabat sebagai Pejabal Level SEVP Manajemen Aktiva Tetap & Pengadaan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk.