Bisnis

Gandeng Pemkot Makassar dan Pemprov Sulawesi Selatan, Grab Bantu Digitalisasi UMKM

Gandeng Pemkot Makassar dan Pemprov Sulawesi Selatan, Grab Bantu Digitalisasi UMKM

– Usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) memiliki peran penting dalam peningkatan ketahanan ekonomi suatu daerah. Selain menjaga daya jual dan beli masyarakat, para UMKM juga turut menciptakan lapangan pekerjaan.

Sejalan dengan hal tersebut, Grab, sebagai perusahaan penyedia jasa serba bisa, terus mendorong UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi dan transformasi digital.

Head of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya menjelaskan, untuk mewujudkan misi itu, Grab pun menjalin kerja sama strategis dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan guna mempercepat digitalisasi UMKM di wilayah ini.

Kerja sama strategis yang dikenal dengan program #TerusUsaha ini akan berfokus pada penataan transportasi, penyelenggaraan pariwisata, dan akselerasi pertumbuhan 4.0 melalui 16 poin kerja sama. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Digitalisasi 13.500 pedagang pasar tradisional

Grab bermitra dengan PD Pasar Jaya untuk mendigitalisasi 16 pasar tradisional basah di Makassar melalui GrabAssistant.

Dengan kerja sama ini, pelanggan akan bisa memesan berbagai sembako serta bahan kebutuhan lainnya dan membeli barang belanjaan dari 13.500 penjual tradisional di Makassar menggunakan GrabAssistant.

2. Promosi digital pariwisata lokal

Grab akan membantu sektor wisata di provinsi ini dengan menyediakan panduan wisata yang akan diletakkan pada armada GrabCar, GrabCar Airport, dan mitra hotel untuk meningkatkan visibilitas para pelaku UMKM.

Melalui kerja sama bidang ini, wisatawan bisa melihat rekomendasi wisata termasuk rumah makan untuk mencicipi kuliner lokal, serta menemukan ulasan dan informasi yang berhubungan dengan atraksi wisata dan budaya di Sulawesi Selatan melalui aplikasi Grab.

3. Pelatihan 1.000 UMKM Sulawesi Selatan

Bekerja sama dengan pemerintah provinsi, Grab akan memberikan pelatihan virtual dan mendigitalisasi 1.000 UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan.

Pelatihan akan diberikan oleh para pakar seperti Komunitas Tangan di Atas dan The Food Doctor dengan topik pelatihan yang fokus pada pemasaran digital, pengelolaan media sosial, perencanaan serta pengelolaan finansial dan produk fotografi.