Bisnis

Jerman Susun Aturan yang Mungkinkan Karyawan Kerja dari Rumah Usai Corona

Jerman Susun Aturan yang Mungkinkan Karyawan Kerja dari Rumah Usai Corona

BERLIN, - Menteri Ketenagakerjaan Jerman Hubertus Heil tengah menggarap undang-undang yang memberikan hak kepada karyawan untuk bekerja dari rumah.

Dikutip dari Reuters, menurut dia, bahkan para pekerja bisa bekerja dari rumah bahkan setelah virus corona berakhir.

"Setiap orang yang ingin dan atau tempat kerjanya memungkinkan harus bisa bekerja dari rumah bahkan ketika pandemi virus corona berakhir," ujar Heil.

Saat ini lebih dari 25 persen pekerja di Jerman bekerja dari rumah lantaran perusahaan meminta karyawannya bekerja dari rumah untuk mengurangi penyebaran virus.

Sementara itu, masih ada lebih dari 12 persen populasi penduduk Jerman yang bekerja normal seperti biasa.

Heil yang merupakan anggota Partai Sosial Demokrat setenpat mengatakan, pihaknya akan mengajukan undang-undang tersebut di akhir tahun agar pekerja yang bekerja dari rumah tetap bisa terlindungi oleh hukum.

Dengan demikian, pekerja bisa melakukan pekerjaannya di rumah setiap hari atau selama satu atau dua hari dalam sepekan.

Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz pun mendukung kebijakan tersebut.

"Beberapa pekan ini menunjukkan bagaimana banyak pekerjaan bisa dilakukan di rumah, dan ini sebuah pencapaian yang tidak seharusnya disia-siakan," ujar dia.

Namun demikian, Asosiasi Pekerja Jerman menolak hal tersebut. Mereka menilai, di saat ekonomi sedang mengalami pukulan seperti saat ini, aturan atau undang-undang baru adalah hal yang paling kurang dibutuhkan.

Adapun pemimpinan parlemen yang merupakan oposisi, Katrin Goering Eckardt mendukung hak untuk bekerja di rumah. Namun demikian dirinya menilai hal tersebut hanya bisa terjadi jika pemerintah juga menjamin internet berkecepatan tinggi untuk semua orang.

" Bekerja dari rumah atau secara mobile merupakan hal yang seharusnya dilakukan karena keinginan bukan karena aturan. Tidak boleh ada orang yang terpaksa melakukannya, dan seharusnya dengan bekerja dari rumah berarti bekerja setiap waktu tanpa batasan," ujar dia.