Bisnis

Komentar Pengusaha soal Erick Thohir Jadi Menteri Jokowi

Komentar Pengusaha soal Erick Thohir Jadi Menteri Jokowi

VIVA – Sejumlah tokoh dipanggil Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Istana Merdeka, Jakarta hari ini, Senin, 21 Oktober 2019. Salah satu nama yang bakal mengisi posisi menteri di kabinet Jokowi periode lima tahun ke depan itu, yakni pengusaha Erick Thohir.
 
Soal Erick Thohir yang bakal jadi menteri Jokowi, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani berpendapat bahwa Erick cukup bagus untuk menempati posisi menteri tim ekonomi. Itu karena Erick memiliki pengalaman yang mumpuni sebagai pengusaha baik di dalam maupun luar negeri.

"Erick Thohir sebagai pengusaha dan punya pengalaman cukup banyak dan di dunia internasional, saya rasa cukup bagus di tim ekonomi," kata dia seperti dikutip dari tvOne.

Sementara soal nama lain yang dipanggil Jokowi, Haryadi enggan berkomentar. Namun dia berharap, siapa pun yang menduduki posisi menteri harus punya kompetensi di bidangnya serta jiwa kepemimpinan dan manajerial yang baik.

"Harapan kami cuma dua. Pertama, kompeten di bidangnya dan sudah teruji, kedua, punya leadership dan managerial skill," ujar dia.

Menurut Haryadi, jika menteri yang terpilih tidak memiliki kriteria itu maka dikhawatirkan akan timbul banyak masalah ke depannya. Bahkan, bisa jadi akan dipertanyakan kompetensi dan tak dianggap oleh banyak pihak.

"Kami berharap orang yang benar-benar paham di bidangnya. Jika tidak (menguasai bidangnya), tentu kita akan menyampaikan apa adanya," ucap dia.

Beberapa tokoh yang telah mendatangi Istana, yakni pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu, CEO Gojek Nadiem Makarim, mantan CEO NET TV Wishnutama.