Bisnis

Menkop UKM Datangi Sentra Bahan Baku Rotan di Banjarmasin untuk Atasi Masalah Pasokan

Menkop UKM Datangi Sentra Bahan Baku Rotan di Banjarmasin untuk Atasi Masalah Pasokan

BANJARMASIN, - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk mendengarkan masukan secara langsung terkait bahan baku rotan.

Menkop UKM Teten Masduki mengatakan, pihaknya ingin melihat secara langsung permasalahan rotan, mulai dari hulu. Karena, saat ia mendatangi sentra furnitur di Jawa Tengah beberapa hari lalu, ditemukan adanya pasokan bahan baku yang tidak stabil.

"Saya kemari ingin lihat problem rotan di hulu seperti apa. Karena kemarin keliling di sentra furnitur di Jateng. Memang ada problem supply yang tidak stabil, kurang di hulunya," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (7/2/2020).

Teten mengaku terbatasnya pasokan ke wilayah Jawa, disebabkan para petani hingga pengolah rotan di hulu, masih beranggapan bahwa skala ekonomi permintaan masih dirasa kurang. Jika dibandingkan tahun 2000an, kata Teten, masih jauh di bawahnya.

"Jika permintaan akan bahan baku rotan kecil, maka sentra produksi ada masalah. Permintaan kecil dalam negeri. Disini tidak masuk dalam skala ekonomi, baik petani, pemungut sampai pengolah. Tidak sepeti tahun 2000an," katanya.