Bisnis

Miliarder Warren Buffet Ternyata Pernah Melakukan Kesalahan Fatal

Miliarder Warren Buffet Ternyata Pernah Melakukan Kesalahan Fatal

Investor ternama asal Amerika Serikat (AS), Warren Buffett, pernah melakukan kesalahan fatal selama 89 tahun hidup di dunia. Meski kaya raya, Buffett juga hanya manusia biasa.

Melansir dari Business Insider, 5 September 2019, Buffett melakukan kesalahan terbesar di tahun 1966 dan 1995.

Oracle of Omaha ini pernah membeli saham Disney pada 1966. Ia membeli saham Disney sebesar lima persen seharga US$4 juta. Setahun berselang, ia kemudian menjual saham tersebut dengan harga US$6 juta.

Kala itu, ia berpikir keputusannya tersebut merupakan sesuatu yang brilian. Pasalnya, ia mendulang keuntungan sebesar 55 persen hasil penjualan itu. Alih-alih untung, Buffett justru buntung. Sebab, saat ini, saham Disney memiliki nilai sebesar US$12 miliar.

Yang kedua, ia pernah membantu Disney dalam mengakuisisi Capital Cities/ABC pada 1995. Dalam kesepakatan tersebut, ia mendapat keuntungan uang tunai sebesar US$1,4 miliar dan 3,6 persen saham Disney.

Veronica Koman Jadi Tersangka Bikin Orang Takut 'Berkicau' di Medsos

Lagi-lagi, ia menjual sahamnya tersebut tiga tahun kemudian. Bayangkan, jika ia mengombinasikan sahamnya di Disney yang dibeli pada 1966 dan 1995, maka ia memiliki saham Disney sebesar 8,6 persen.

Jika diuangkan, ia memiliki uang sebanyak lebih dari US$21 miliar saat ini! Dengan kata lain, dalam hidupnya sebagai seorang investor, Warren kehilangan sekitar US$20 miliar.

Lihat artikel asli www.wartaekonomi.co.id