Bisnis

Riset CSIS dan Tenggara: Kualitas Hidup Gig Workers yang Jadi Mitra Grab di Makassar Meningkat 19 Persen

Riset CSIS dan Tenggara: Kualitas Hidup Gig Workers yang Jadi Mitra Grab di Makassar Meningkat 19 Persen

– Hari ini, Kamis (13/8/2020), Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics merilis studi yang dilakukan di Kota Makassar pada Januari 2020 lalu.

Riset tersebut menemukan fakta bahwa teknologi dan digitalisasi yang dilakukan Grab berhasil meningkatkan pertumbuhan bisnis kecil dan menciptakan lapangan kerja di luar platform Grab. Tak hanya itu, kualitas hidup mitra juga meningkat sebesar 19 persen.

Pekerja gig workers yang terdiri dari pekerja lepas dan usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) yang didukung teknologi Grab pun berkontribusi sebesar Rp 4,2 triliun bagi perekonomian Sulawesi Selatan pada 2018.

Kemudian, UMKM yang berada di Kota Makassar mengalami peningkatan pendapatan hingga 194 persen melalui digitalisasi pada 2019.

Kepala Departemen Ekonomi CSIS Yose Rizal Damuri mengatakan, sektor gig economy mempunyai peran penting dalam memperkuat ketahanan ekonomi.

“Dari hasil riset, terlihat adanya manfaat di berbagai aspek yang langsung dirasakan oleh sektor gig economy. Kami juga percaya bahwa platform seperti Grab mampu mendukung pemulihan ekonomi akibat krisis yang disebabkan oleh pandemi,” jelasnya dalam rilis tertulis, Kamis (13/8/2020).

Terbukanya akses perbankan dan investasi

Lebih penting lagi, Yose melanjutkan, kesempatan pemasukan yang ditawarkan Grab telah memungkinkan lebih banyak mitra untuk menabung secara rutin.

“Sekitar 83 persen mitra pengemudi GrabBike dan 71 persen mitra pengemudi GrabCar sekarang rutin menabung di bank dengan rata-rata tabungan masing-masing Rp 1 juta hingga Rp 1,9 juta,” ujarnya.

Sebagai tambahan, 63 persen dari mitra pengemudi GrabBike dan 85 persen mitra pengemudi GrabCar juga memiliki kesempatan meminjam uang lebih mudah setelah bergabung dengan Grab. Sebab, penyedia jasa keuangan lebih memercayai mereka.

Hal itulah yang bisa mereka manfaatkan untuk mengajukan pinjaman agar dapat mengembangkan bisnis atau berinvestasi pada motor atau mobil baru.