Bisnis

Rupiah Pagi Ini Dibuka Menguat

Rupiah Pagi Ini Dibuka Menguat

JAKARTA, - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (6/8/2020) menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.17 WIB rupiah berada pada level Rp 14.500 per dollar AS atau menguat 50 poin (0,34 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.550 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah hari ini terdorong oleh pelemahan dollar AS terhadap mata uang emerging market.

“Pagi ini dollar AS masih terlihat melemah terhadap nilai tukar emerging markets. Rupiah masih berpotensi menguat,” kata Ariston kepada Kompas.com, Kamis (6/8/2020).

Ariston mengatakan, pelemahan dollar AS terhadap mata uang emerging market karena perubahan jumlah orang yang dipekerjakan di luar sektor pertanian dan pemerintahan di AS mengalami kenaikan.

Namun demikian, kenaikan masih dibawah ekspektasi pasar sehingga memberikan sentimen negatif ke nilai tukar dollar AS.

Sementara itu, sentimen ekstenal masih mempengaruhi pergerakan indeks dalam negeri. Laba korporasi perusahaan yang membaik, dan paket stimulus AS sebesar 1 triliun dollar AS menjadi sentimen positif.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.400 per dollar AS sampai dengan Rp 14.650 per dollar AS.