Hiburan

Balinale 2019 Hadirkan 92 Film dari 28 Negara

Balinale 2019 Hadirkan 92 Film dari 28 Negara

VIVA – Bali International Film Festival atau Balinale akan digelar pada 24 sampai 29 September 2019. Ini kali ketiga Elsa Balinale dihelat. Tahun ini akan ada 92 film dari 28 negara yang diputar di Cinemaxx Sidewalk Jimbaran, Jalan Uluwatu, Badung.

"Deretan film perdana dalam berbagai kategori, yaitu 9 World Premieres, 5 International Premieres dan 19 Asian Premieres akan semarakkan acara ini," kata pihak penyelenggara melalui keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 18 September 2019.

Beberapa film yang akan diputar adalah, Burning Cane dari Amerika Serikat. Film yang ditulis dan disutradarai oleh Phillip Youmans ini menceritakan tentang seorang wanita tua sangat religius di Lousianna, Amerika Serikat, yang sedang bermasalah dengan anaknya yang pemabuk.

 Sinopsis Kucumbu Tubuh Indahku yang Wakili Indonesia di Oscar 2020

Youmans sendiri telah memulai kariernya sejak berumur 17 tahun. Saat ini ia telah berumur 19 tahun dan tengah memulai pendidikannya di New York University. Ia disebut sebagai sutradara berdarah Amerika-Afrika termuda pertama yang filmnya berhasil ditayangkan pada New York's Tribeca Film Festival.

Pada ajang tersebutlah ia memenangkan Founders Prize pada kategori Best U.S. Narrative Feature dan Best Cinematography in a U.S. Narrative Feature Film.

Ada juga Film Burning dari Korea Selatan. Film ini disutradarai oleh Lee Chang-dong. Film ini mengisahkan sebuah misteri yang menampilkan seorang penulis muda (Jeon Jong-seo) yang meminta pertolongan pada sahabatnya (Yoo Ah-in) untuk menjaga kucing peliharaannya selama ia berlibur ke Afrika. Pada saat ia kembali, sahabatnya memperkenalkannya kepada seorang laki-laki misterius (Steven Yuen) yang penuh rahasia dengan hobi yang aneh.

Dari Indonesia hadir salah satunya, Kado. Film pendek karya Aditya Ahmad ini mengangkat tema tentang gender. Film ini menceritakan cerita seorang wanita tomboy yang diharuskan berhijab oleh orang tuanya.

Kado memenangkan penghargaan kategori film terbaik pada ajang Venice International Film Festival 2018 dan dipuji pada acara Montreal’s Festival du Nouveau Cinéma 2018, Valdivostok’s Pacific Meridian International Film 2018, serta pada Sundance Film Festival.

Masih banyak film lain yang akan diputar antara lain Perburuan, Le Chocolat de H dan Skin. Balinale kali pertama diadakan oleh Bali Film Center pada tahun 2007. Sebagai ajang tahunan tertua di Indonesia, Bali International Film Festival telah berhasil meningkatkan popularitasnya setiap tahun dan membawa ratusan film lokal dan internasional.