Hiburan

Banyak yang Salah, Manohara Odelia Pinot Tegaskan Agamanya Kristen

Banyak yang Salah, Manohara Odelia Pinot Tegaskan Agamanya Kristen

?Manohara Odelia Pinot membuat pernyataan di luar kebiasaan. Secara tiba-tiba, Manohara mengumumkan kepercayaannya. Di awal kalimat, hal itu ia ucapkan karena ada beberapa orang yang mengaku keluarga dan salah menginformasikan soal kepercayannya tersebut.

"Beberapa orang yang mengaku sebagai anggota keluarga mengeluarkan pernyataan salah tentang kepercayaan saya. Saya tidak pernah menerangkan ini secara publik sebelumnya karena agama adalah masalah yang sangat pribadi antara diri sendiri dan Tuhan," tulis Manohara dalam Bahasa Inggris di akun Instagram @manodelia.

Ia lantas menyatakan dirinya sebagai seorang Kristen. Kepercayaan tersebut telah lama dianutnya. Manohara juga sempat ragu dalam mengumumkan hal tersebut, karena menurutnya hal itu bukan termasuk ranah publik.

"Saya seorang Kristen dan telah bertahun-tahun, sesederhana itu. Saat menulis ini, saya masih berkonflik untuk membagikannya," katanya.

Manohara berharap pengakuannya tak berdampak pada apapun. Ia tetap seorang warga Indonesia yang dalam Undang-undang juga dilindungi dalam memilih kepercayannya.

"Bagaimanapun juga kita orang Indonesia. Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu jua, itu tertulis dalam lambang nasional kita. Jangan menyimpang jauh dari itu," tulisnya.

Keputusan Manohara untuk mengumumkan hal itu didukung oleh warganet. Mereka mengacungi jempol sifat Manohara yang mau berterus-terang. Mereka menyarankan tutup telinga dan mata dari orang yang akan berkomentar nyinyir nantinya.

"Percaya pada apa yang kau percayai dan jangan dengarkan apa kata orang lain. Lakukan apa yang kita bisa untuk kebaikan sesama dan lingkungan. Satu yang pasti, agama tidak mengajarkan kebencian atau menghakimi. Tapi mengajarkan kasih," komentar salah satu warganet.

"Aku cinta sama Mano karena apa yang dia lakuin bukan apa yang diyakini sih, karena perbuatan itu cerminan dari iman, kalau dekat sama Tuhan pasti sikapnya akan baik di kehidupan," ujar warganet lainnya.