Hiburan

Berdarah Muslim Campuran, Ini 7 Fakta Peran Iko Uwais di Wu Assassins

Berdarah Muslim Campuran, Ini 7 Fakta Peran Iko Uwais di Wu Assassins

VIVA – Dalam Wu Assassins, Iko Uwais berperan sebagai Kai Jin, seorang chef China-Indonesia yang jago beladiri. Kai Jin, pada episode pertama, juga diketahui punya orangtua muslim.

Serial yang tayang di Netflix ini punya latar mitologi China kuno dan penuh dengan adegan laga. Iko Uwais sendiri juga bertanggung jawab sebagai produser eksekutif di mana dia juga yang mengatur koreografi semua episode Wu Assassins. 

Nah, berikut ini beberapa fakta menarik terkait peran Iko Uwais dalam Wu Assassins.

1. Executive Producer

Pertama kali jadi produser eksekutif diakui Iko Uwais tak mudah. Iko mengatakan, Wu Assassins ini adalah bayi yang jadi tanggung jawabnya.

"Saya mengontrol dari segi kreatif, gerak fighting, koreo, segala macem. Mereka kasih kepercayaan ke saya secara penuh. Misalnya ada beberapa adegan, koreonya kayak apa, saya yang meng-create," kata Iko Uwais saat dijumpai di Rumah Netflix, di kawasan Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Iko Uwais

2. Tidak Kental Silat

Meski berperan sebagai pria berdarah China-Indonesia, Iko Uwais mengatakan, gaya beladiri yang ditampilkan di Wu Assassins ini tidak terlalu kental dengan silat. Namun dia tak menampik, masih ada bumbu silat, karena seni beladiri itu merupakan latar belakang Iko yang sangat mencirikan dirinya.

"Kalau ditanya silatnya berapa persen, saya enggak yang kental silat banget, tapi tetep bumbu-bumbu silatnya tetep ada. Karena saya lahir dari silat, jadi apapun gerakannya, otomatis berbau silat. Cuma dari segi koreo tidak berbau silat banget gitu, lebih general," ujar Iko Uwais.

3. Terinspirasi Jackie Chan

Wu Assassins

Iko Uwais juga mengungkap jika adegan fighting di Wu Assassins juga terinspirasi dari Jackie Chan. Iko tak menampik belajar banyak dari gaya Jackie Chan mengambil gambar adegan fighting.

"Saya tidak meng-copy paste dari semua gerakan Jackie Chan, cuma ide-ide dari segi fighting, crowded-nya, misalnya satu lawan lima, satu lawan dua, maksudnya dua-duanya bisa aktiflah, tidak ada yang saling nunggu," kata suami Audy Item tersebut.

4. Bahasa Indonesia

Wu Assassins

Meski karakter Kai Jin yang diperankan Iko Uwais berdarah China-Indonesia, namun tidak banyak frase Bahasa Indonesia yang dipakai. Iko mengungkap, ada beberapa kata dalam Bahasa Indonesia yang digunakan dalam Wu Assassins, namun bukan olehnya, melainkan karakter lain.

"Ada beberapa Bahasa Indonesia bukan dari saya, tapi dari karakter lain. Ada di scene berapa saya lupa, ada karakter besar yang bicara Bahasa Indonesia dan itu sangat menyentuh," ujarnya.

5. Tidak pakai stuntman

Iko Uwais pun mengatakan, selama Wu Assassins ini tidak menggunakan peran pengganti untuk adegan laga yang dilakoninya.

6. Enggak Latihan

Iko Uwais

Tak hanya itu, Iko bahkan mengungkap jika dia tidak latihan sebelum mengeksekusi adegan laganya. Bukan tanpa alasan, sebab Uwais Team yang juga ikut andil dalam serial ini, sudah punya chemistry dan hapal betul dengan gayanya.

"Kalau di film, udah terencana. Kalau di sini (serial) enggak, hari itu kita bikin, hari itu kita buat, hari itu kita bikin video board, hari itu kita syuting. Jadi saya udah enggak ada waktu lagi, jadi yang buat koreo temen-temen. Jadi mereka bikin koreo mentahnya pakai handphone, kasih lihat ke saya. Begini, paling saya tinggal menyesuaikan dari segi gerak dan kartakter fighter masing-masing.

Anak-anak udah paham mereka buat aja, saya enggak pernah latihan, jadi on set, langsung main. Sentuhan udah hapal, udah dapat chemistry-nya," seru Iko kepada VIVA.

7. Chef

Wu Assassins.

Menjadi seorang chef atau koki juga tantangan tersendiri buat Iko. Aktor kelahiran Jakarta ini mengatakan, belajar dengan chef profesional, mulai dari cara memegang pisau, sayuran, cara memotong, dan sebagainya.

"Persiapan jadi chef, ada beberapa adegan masak itu harus saya tidak bisa sembarangan, enggak boleh asal. Yang penting dapat ambience dan kehidupan Iko di dapur harus bersenyawa," terangnya.

Wu Assassins yang diperankan oleh Iko Uwais ini sudah dirilis sejak 8 Agustus 2019 di Netflix.