Hiburan

Cerita The Danish Girl, Film yang Ramai di TikTok

Cerita The Danish Girl, Film yang Ramai di TikTok

Film The Danish Girl mendadak viral. Hal itu setelah pengguna TikTok banyak membuat rangkuman mengenai cerita film tersebut. Sebenarnya, The Danish Girl pertama kali tayang sekitar 2015.

Naskah film ini ditulis oleh Lucinda Coxon berdasarkan novel fiksi The Danish Girl karya David Ebershoff dan kisah nyata sepasang suami-istri dan pelukis dari Denmark, Einar Wegener dan Gerda Wegener. Filmnya dibintangi oleh Eddie Redmayne, Alicia Vikander, Matthias Schoenaerts, Ben Whishaw, Sebastian Koch dan Amber Heard.

The Danish Girl mengambil latar belakang waktu pada pertengahan tahun 1920-an di Kopenhagen. Kala itu, Gerda Wegener ingin melukis model wanita dan meminta sang suami Einar Wegener untuk berpose dan menjadi model tersebut.

Saat mengenakan gaun, Einar merasa menjadi dirinya sendiri. Ia merasa dirinya memang seorang wanita dan mengubah namanya menjadi Lili Elba. Awalnya hal itu dipikir hanya berlangsung beberapa saat.

Namun Einar mulai meninggalkan jati diri dan bertransformasi seutuhnya sebagai Lili Elbe. Hal ini terjadi saat Lili dan Gerda pindah ke Paris. Gambaran Gerda tentang Lili dalam kondisi feminimnya menarik perhatian serius dari pedagang seni dengan cara yang tidak sama sebelumnya.

Di sanalah Gerda mengejar pedagang seni Hans Axgil teman masa kecil Lili. Daya tarik Hans dan Gerda adalah sebuah tantangan, karena Gerda mengubah hubungannya dengan Lili. Namun, persahabatannya dengan Hans dan perhatiannya terhadap Lili membuat Hans mendukung Lili dan Gerda.

Seiring kehadiran Lili sebagai pria menjadi canggung, ia mulai mencari bantuan dari psikolog, tetapi tidak menghasilkan apapun. Hal itu hampir membuatnya masuk ke rumah sakit jiwa.

Akhirnya, atas saran Hans, Lili dan Gerda bertemu dengan Dr. Kurt Warnekros. Saat pertemuan, Kurt menyatakan telah bertemu dengan beberapa orang seperti Lili, yang secara fisik laki-laki namun diidentifikasi sebagai perempuan dan mengajukan solusi baru yang inovatif dan kontroversial, yaitu operasi ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan.

Operasi tersebut terbagi jadi dua prosedur yakni menyingkirkan genital eksternal Lili, setelah masa pemulihan, baru membentuk vagina. Kurt memperingatkan Lili dan Gerda bahwa ini adalah operasi yang sangat berbahaya yang belum pernah dicoba sebelumnya.

 TikTok Ketahuan Comot Data Pribadi Pengguna dari Hape Android

Lili akan jadi orang pertama yang menjalani operasi tersebut. Lili setuju dan segera setelah itu. Ia melakukan perjalanan ke Jerman untuk memulai operasi.

Film The Danish Girl diakhiri dengan Lili yang meninggal karena komplikasi dari operasi tersebut. Gerda dan Hans di puncak bukit di Denmark. Mereka berada di depan lima pohon yang dilukis Lili. Selendang yang awalnya diberikan oleh Lili kepada Gerda terbawa angin dan terbang.