Hiburan

Deretan Artis Disebut Terlibat Sekte yang Dianggap Sumber Corona Korea

Deretan Artis Disebut Terlibat Sekte yang Dianggap Sumber Corona Korea

Gereja Shincheonji kini tengah menjadi sorotan negatif di Korea Selatan karena dianggap sebagai sumber penyebaran virus corona COVID-19. Di negara itu juga, sebuah pesan telah menyebar di jejaring online soal daftar selebriti yang diduga terkait Shincheonji. Agensi dari sejumlah artis pun mengeluarkan pernyataan resmi.

Dilansir dari Soompi, Beberapa agensi seperti SM Entertainment, KeyEast Entertainment, Major9, dan Msteam Entertainment mengumumkan bahwa para artis mereka tidak terlibat sekte keagamaan tertentu.

Agensi Huh Gak, Play M Entertainment menyangkal keterlibatan penyanyi mereka. Agensi Song Ji Hyo, Creative Group INC, pun turut membantah keterlibatannya.

FNC Entertainment pada tanggal 4 Maret mengeluarkan pernyataan resmi mengatakan, “Belakangan ini, salah satu artis kami dirumorkan sebagai bagian dalam sekte agama tertentu yang mana itu adalah tidak benar. Tidak satu pun dari artis kami yang termasuk di dalam sekte tersebut.”

Namoo Actors dan BH Entertainment juga melakukan hal serupa. Mereka membantah keterlibatan artis mereka dengan Gereja Shincheonji dan mereka akan melakukan tindakan hukum kepada warganet yang menyebarkan tuduhan tersebut.

Agensi yang menaungi Nam Gyu Ri juga mengeluarkan statement serupa. Mereka membantah Nam Gyu Ri memiliki hubungan dengan Gereja Shincheonji. Mereka juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak menyebarkan rumor yang tidak benar.

Gummy juga buka mulut mengenai hal ini. Ia dan agensinya, C-Jes Entertainment, merilis pernyataan pada 4 Maret 2020.

“Rumor bahwa Gummy merupakan salah satu anggota Shincheonji adalah bohong. Kami saat ini sedang memantau komunitas online yang menyebarkan rumor ini. Kami juga akan mengambil langkah hukum bagi siapa pun yang membuat Gummy sakit hati terkait dengan rumor ini," jelas mereka.

Sebelumnya, mengutip Koreaboo, Lee Dong Wook dan Ivy juga membantah keterlibatan mereka di gereja ini. Agensi sang aktor, King Kong by Starship menegaskan, rumor yang menyebut Lee Dong Wook terlibat dalam sekte keagamaan tertentu, tidak benar. Mereka juga siap untuk mengambil langkah hukum untuk melindungi karakter dan citra artisnya.

Sementara Ivy, langsung merilis pernyataan di Instagram-nya yang kemudian menghilang. Ia menulis, "Dalam situasi seperti sekarang, banyak rumor bohong beredar yang mana sering mengaburkan esensinya. Aku bahkan tak bisa menertawai rumor ini karena aku sangat linglung dibuatnya. Hati-hati dengan berita bohong. Ini adalah dunia di mana kabar palsu punya pengaruh besar."

Shincheonji adalah sekte Kristen fundamentalis di Korea yang dilaporkan bertanggung jawab atas merebaknya wabah Covid-19 di Daegu. Laporan terbaru menyatakan bahwa 12 anggota eksekutif menghadapi tuntutan tuduhan pembunuhan karena dianggap lalai yang disengaja dengan mengabaikan perintah isolasi yang dibuat pemerintah dan pejabat kesehatan.

Laporan: Dion Yudhantama