Hiburan

Jackie Chan Jadi Inspirasi Iko Uwais untuk Wu Assassins

Jackie Chan Jadi Inspirasi Iko Uwais untuk Wu Assassins

VIVA – Wu Assassins menceritakan tentang seorang koki muda berdarah China-Indonesia di San Fransisco yang mendapat kekuatan gaib untuk melawan kejahatan. Iko Uwais dipercaya sebagai aktor sekaligus produser eksekutif serial ini.

Sebagai produser eksekutif, Iko Uwais bertanggungjawab terhadap konten dan kreatif, termasuk urusan koreografi laga yang digarapnya bersama Uwais Team. Iko mengungkap, ada inspirasi Jackie Chan dalam koreografi yang dibuatnya.

"Saya tidak meng-copy paste dari semua gerakan Jackie Chan, cuma ide-ide dari segi fighting, crowded-nya, misalnya satu lawan lima, satu lawan dua, maksudnya dua-duanya bisa aktiflah, tidak ada yang saling nunggu," kata Iko Uwais dalam acara Rumah Netflix di kawasan Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Episode pertama Wu Assassins memang penuh adegan laga yang memacu adrenalin. Salah satunya, seperti terlihat dalam trailer, adalah momen Iko Uwais dikeroyok sejumlah penjahat di lorong rumah susunnya.

Iko menjelaskan, semua gerakan yang ditampilkan di Wu Assassins ini asli dibuat sendiri dengan berkiblat pada master Kung Fu, Jackie Chan, tersebut untuk urusan ide dan segi pengambilan gambar.

"Jadi temen-temen lebih ngambil referensi dari idenya. Pengambilan gambarnya lebih kompleks," seru Iko Uwais kemudian.

Wu Assassins juga merupakan proyek serial pertama Iko Uwais yang selama ini lebih banyak bermain untuk film layar lebar. Banyak hal yang dipelajari Iko dari serial ini, salah satunya soal bagaimana sulitnya menggarap banyak episode bersama sutradara yang berbeda-beda.

Iko Uwais juga mengaku bersyukur punya wewenang penuh atas adegan laga dalam serial ini. Jika ada koreografi yang tidak disukainya, Iko mengaku punya kekuatan untuk mengontrol hal tersebut.

Wu Assassins merupakan serial orisinal Netflix yang sudah tayang mulai 8 Agustus 2019. (tsy)