Hiburan

Mengenang Oding Nasution, Musisi dan Gitaris Legendaris Indonesia

Mengenang Oding Nasution, Musisi dan Gitaris Legendaris Indonesia

Musisi senior Oding Nasution mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis, 27 Februari 2020 pada pukul 20.00 WIB. Memang kesehatan Oding tengah menurun beberapa waktu belakangan ini. Namun, tiba-tiba saja kesehatannya menurun secara drastis.

Jenazah Oding akan disemayamkan di rumah duka RSPP, Jakarta Selatan. Pada pukul 13.00 WIB hari ini Jumat, 28 Februari 2020 jenazah akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Oding sendiri merupakan adik dari Keenan Nasutiondan Gauri Nasution, dan kakak dari mendiang Debby Nasution. Oding merupakan gitaris dari band Cockpit bersama dengan Raidy Noor sebagai bassist, Yaya Moektio sebagai drummer, Krisna sebagai keyboardist, dan Ari Safriadi sebagai vokalis.

Cockpit sendiri terbentuk pada era 1980-an, di mana aliran musik ini terinspirasi dari band idola mereka yaitu Genesis. Namu,  jauh sebelum itu, Oding sempat bergabung dengan grup musik rock God Bless bersama dengan Keenan dan Debby.

Hanya sebentar Oding berada di band itu. Ia kemudian membuat Prambors Band dengan personel Sudibyo di bass, Yaya Moektio pada drum, Dondy SM pada keyboard, dan dua vokalisnya yaitu Eben dan Sarah Hutauruk.

Prambors dibentuk pada tahun 1977, di mana saat Oding berada di dalamnya, sudah ada empat album yang tercipta, yaitu Jakarta Jakarta pada tahun 1978, Sebentuk Keresahan dan 10 Pencipta Lagu Remaja pada tahun 1979, serta yang terakhir ada album Kemarau II pada tahun 1986.

Tak hanya itu, Oding dan Keenan juga sempat membentuk band bernama Badai Band. Saat itu musisi yang bergabung di dalamnya juga tidak main-main, di antaranya Chrisye, Fariz RM, Yockie Suryoprayogo, Roni Harahap dan Guruh Soekarnoputra.

Oding juga sempat terlibat dalam grup musik Guruh Gipsy bersama dengan saudara-saudaranya Keenan Nasution, Gauri Nasution, dan Debby Nasution. Kecintaannya pada musik blues juga akhirnya membuat Oding dinobatkan sebagai Ketua Asosiasi Blues Indonesia.

Rencananya, pada Jumat, 6 Maret, Oding bersama Cockpit akan manggung di Hotel Sultan namun takdir berkata lain.