Hiburan

Penyanyi Legendaris Bill Withers Meninggal di Tengah Pandemi COVID-19

Penyanyi Legendaris Bill Withers Meninggal di Tengah Pandemi COVID-19

Bill Withers, penyanyi terkenal tahun 1970-an meninggal dunia. Penyanyi yang populer berkat lagu hits Ain't No Sunshine dan Lean On Me meninggal karena komplikasi jantung di usia 81 tahun.

Menurut keterangan pihak keluarga, Bill Withers meninggal pada hari Senin, 30 Maret 2020 di Los Angeles. Namun baru diumumkan beberapa hari kemudian. Para penggemarnya menggambarkannya dalam sebuah pernyataan, Bill sebagai pria soliter dengan hati yang selalu terhubung untuk dunia.

"Dia berbicara jujur ??kepada orang-orang dan menghubungkan mereka satu sama lain," kata sebuah pernyataan.

Dikutip laman BBC, Bill Withers dikenal karena vokal baritonnya yang halus. Semasa hidupnya dia juga menulis beberapa lagu tahun 70-an yang paling diingat, termasuk Just The Two Of Us, Lovely Day dan Use Me.

Meskipun ia sempat berhenti rekaman pada tahun 1985, lagu-lagunya tetap berpengaruh besar di dunia musik R&B dan hip-hop.

Bahkan lagunya, Lean On Me baru-baru ini dikaitkan dengan pandemi Coronavirus, dengan banyak orang memposting versi mereka sendiri untuk mendukung para petugas kesehatan.

"Kami sangat terpukul kehilangan suami dan ayah kami yang terkasih dan berbakti," kata keluarga Withers dalam sebuah pernyataan.

"Dengan puisi dan musiknya, ia berbicara jujur ??kepada orang-orang dan menghubungkan mereka satu sama lain.

Bill Withers menurut pihak keluarga adalah pribadi yang dekat dengan keluarga dan memiliki banyak teman akrab. Karya musiknya selamanya akan menjadi milik dunia. "Dalam masa yang sulit ini, kami berdoa agar karya musiknya selalu memberikan kenyamanan dan hiburan saat penggemar berpegang erat pada orang yang dicintai."

Ucapan belasungkawa pun mengiringi kepergian Bill Withers. Musisi AS, Chance the Rapper bahkan menggambarkan sosok Bill sebagai penyanyi yang terhebat dan mengingat beberapa kenangan pribadinya.

Bintang dan aktor rock Lenny Kravitz juga memposting pernyataan, mengenang Bill Withers. "Suara, lagu, dan ekspresi totalnya memberi kami cinta, harapan, dan kekuatan".

Brian Wilson juga mengatakan, "Sangat sedih mendengar tentang meninggalnya Bill Withers."

Sementara John Legend menambahkan bahwa, "hidup tidak akan sama tanpa dirinya dan musiknya."

Lahir pada tahun 1938, Bill Withers adalah anak bungsu dari enam bersaudara. Ayahnya meninggal ketika dia masih kecil dan dia dibesarkan oleh ibu dan neneknya.

Masuknya ke dunia musik saat usianya sudah 29 tahun, setelah sembilan tahun bertugas di Angkatan Laut.

Dia belajar sendiri bermain gitar di tengah kerja shift-nya membuat kursi toilet untuk perusahaan pesawat Boeing, dan menggunakan upahnya untuk membayar sesi latihan di studio di LA.

"Saya tahu bahwa Anda tidak perlu menjadi seorang virtuoso untuk menemani diri sendiri," katanya ketika masih hidup pada majalah Rolling Stone pada 2015.

Dia merekam album pertamanya, Just As I Am, dengan Booker T Jones pada tahun 1970. Itu termasuk balada sedih, Ain't No Sunshine, yang membuatnya mendapatkan penghargaan Grammy pertamanya pada tahun berikutnya.