Hiburan

Terjawab, Kriteria Film yang Akan Ditayangkan Netflix

Terjawab, Kriteria Film yang Akan Ditayangkan Netflix

Sejak masuk ke Indonesia pada 2016, Netflix jadi salah satu aplikasi streaming dengan sambutan luar biasa. Film dari berbagai negara bisa dinikmati dalam layanan tersebut. Lantas, menjadi pertanyaan banyak orang, film seperti apa yang akan diterima oleh Netflix.

Hal tersebut terjawab saat di diskusi virtual bertajuk Merayakan Keberagaman Cerita Indonesia. Diskusi diisi oleh Shanty Harmayn dari BASE Entertainment sekaligus Produser Guru-Guru Gokil, Riri Riza dari MILES Films yang juga Sutradara Humba Dreams, Mandy Marahimin dari Tanakhir Films yang juga Produser Semesta dan Kooswardini Wulandari, Communications Manager, Netflix.

Menurut Kooswardini atau yang akrab disapa Dini, perwakilan para sutradara dan produser sudah menggambarkan mengenai jawaban tersebut.

"Di sini ada Riri, Shanty dan Mandy ini menunjukkan Netflix bisa jadi rumah untuk berbagai jenis film dari mana saja dan kita juga percaya cerita universal tapi diceritakan dengan konteks lokal," kata Dini dalam diskusi tersebut.

Dini dan para pengisi diskusi yakin, Indonesia memiliki banyak cerita yang berlum terangkat. Hal itu bisa menjadi harta karun bagi pembuat film yang menemukan dan memolesnya sesuai dengan gaya bercerita masing-masing.

"Kita kembali kenapa ngomongin keberagaman cerita Indonesia. kalau tadi ngomongin story telling menyampaikan emosi, dan juga budaya atau isu-isu lain yang diangkat, itu sebetulnya adalah core di Netflix. itu yang kita percaya betul. Bahwa story telling dan entertainmen, its in the core of everyone heart, semua orang membutuhkan itu," kata Dini.

Menurut Dini, selama ini Netflix belum menghadirkan film dokumentar dari Indonesia. Hal itu terwujud dengan film-film yang baru ini tayang, salah satunya Semesta.

 Netflix Bakal Garap Film Lokal, Gandeng Sutradara Nia Dinata

"Sudut pandang-pandang ini yang kita ingin banyak lihat dan tampilkan di Netflix," ujar Dini.

Sementara itu, Riri Riza, Shanty Harmayn dan Mandy Marahimin sepakat Netflix mempermudah mereka dalam menjangkau penonton yang lebih luas. Beberapa penonton yang daerahnya belum tersedia bioskop sangat terbantu dengan hadirnya Netflix.