Hiburan

Untuk Bertahan Hidup, Keluarga Terpaksa Jual Gitar Milik Zul Zivilia

Untuk Bertahan Hidup, Keluarga Terpaksa Jual Gitar Milik Zul Zivilia

Istri Zul Zivilia, Retno Paradinah selalu setia mendampingi suaminya selama sidang. Namun di persidangan beberapa waktu laku, Retno terhenyak saat mendengar tuntutan JPU yang ingin Zul dihukum seumur hidup.

Bahkan teman Zul dituntut hukuman mati. Mendengar hal itu, Retno berharap suaminya bisa mendapat putusan yang paling adil dari hakim nantinya.

“Insha Allah. Saya berharap banget itu putusan yang seadil-adilnya, saya maupun Zul sendiri tau kan dia dapet tuntutan seperti itu,” kata Retno saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Desember 2019.

Zul sudah menyampaikan pembelaan alias pledoi. Retno berharap hal itu bisa memperingan tuntutan JPU. Selama ini, ia hanya bisa menguatkan hati sang suami dan dirinya sendiri.

“Ada (ketakutan) ya jelas ada. Kayak kemarin pas hari jumat bilang 'Gimana ya kira-kira putusan saya? Apa bisa ringan'. Saya cuman bisa keyakinan aja buat dia,” ujarnya.

Keluarga Zul juga harus bertahan hidup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai macam barang, termasuk gitar Zul sudah dijual. Biaya untuk menemani Zul selama persidangan juga diakui Retno bukan hal yang murah.

“Sebenernya sudah banyak kejadian yang menjepit banget sampai harus jual,” ujarnya.

Satu barang dari Zul yang sampai saat ini berada di rumah, yakni piano. Ia yakin Zul akan pulang dan mencipta lagu dengan oiano tersebut. Ada memori yang tersimpan di piano itu hingga tak dijual olehnya.

“Tinggal itu satu-satunya  di rumah juga dan itu juga belinya saya sama suami tuh patungan. Jadi kalau dijual ya sayang, enggak ada lagi barang barang dia,” ujarnya.