Hiburan

Waspada Bahaya Gagal Ginjal, Penyakit yang Renggut Nyawa Allan Wangsa

Waspada Bahaya Gagal Ginjal, Penyakit yang Renggut Nyawa Allan Wangsa

Youtuber juga presenter Allan Wangsa meninggal dunia. Allan menghembuskan nafas terakhirnya Selasa, 4 Februari 2020 pukul 21.30 WIB.

Berdasarkan penuturan sahabat dekat mendiang Allan, Fergy atau yang akrab dikenal dengan nama Inces Nabati, sebelum Allan meninggal dunia, ia sempat menderita penyakit gagal ginjal.

"Waktu itu dia (Allan) sempat bilang sama aku dan teman-teman juga, 'Gue itu sebenernya sakit. Aku tuh gagal ginjal sudah stadium 4’," ujarnya saat dihubungi VIVA, Rabu, 5 Februari 2020.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, gagal ginjal akut merupakan kondisi saat ginjal tak mampu menyaring produk 'sampah' dari darah. Saat ginjal kehilangan fungsinya itu, racun yang kian menumpuk karena tak terbuang dari darah bisa berbahaya bagi tubuh.

Gejala dari gagal ginjal mencakup berkurangnya air seni yang diproduksi, retensi cairan yang memicu pembengkakan di kaki. Selain itu, terdapat sesak nafas, kelelahan serta mual muntah hingga nyeri dada.

Sayangnya, gagal ginjal akut seringkali tak menunjukkan gejala yang khas sehingga sulit dikenali. Jika terlambat dikenali, maka kondisi ini bisa berdampak bahaya karena tubuh akan kekurangan cairan dan jumlah darah.

Ginjal bisa mengalami kerusakan dan memicu komplikasi seperti serangan jantung, infeksi, penyakit jantung, hingga gagal organ hati. Bahkan, dampak berbahaya lainnya seperti kanker kolon hingga batu ginjal.