Hiburan

Weird Genius, Padukan EDM dan Instrumen Jawa

Weird Genius, Padukan EDM dan Instrumen Jawa

Reza Oktovian, Eka Gustiwana dan Gerald Liu yang tergabung dalam Weird Genius mengeluarkan lagu baru berjudul, Lathi. Mereka menggandeng  rapper asal Surabaya, Sara Fajira. Keterlibatan Sara karena mereka merasa butuh suara wanita di lagu tersebut.

"Saya dan Reza, kita butuh karakter suara wanita galak tapi bisa mengisi kebutuhan suara tradisional yang kita butuhkan," kata Eka Gustiwana saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020.

Sara juga memenuhi beberapa karakter yang mereka butuhkan, diantaranya berbahasa Inggris dengan baik, bisa menulis lagu sendiri, bisa menghayati lagu yang dibawakan dan paling utama bisa berbahasa Jawa.

"Yang bikin Bahasa Jawa karena kita kan kurang Jawa. Kita mundur selangkah. Kita persilakan Sara tulis Bahasa Jawa yang bisa bikin kita merinding. Kita bikin bareng-bareng berempat," kata Eka.

 Weird Genius Tampil Memukau dalam SHVR Ground Festival 2019?

Lathi diambil dari Bahasa Jawa Kuno yang berarti ucapan. Dalam liriknya juga terdapat Bahasa Jawa, “Kowe ra iso mlayu saka kesalahan. Ajining diri ana ing lathi”, yang berarti “Kamu tidak bisa lari dari kesalahan. Harga diri seseorang ada di lidah (ucapannya)”. Lirik itu dibawakan oleh Sara dengan cengkok layaknya seorang sinden.

"Liriknya sendiri bercerita tentang toxic relationship yang didominasi kebohongan dan ego. Meski menekankan sisi gelap hubungan, terdapat makna tersirat tentang keberanian dan pendirian menghadapi hubungan tidak sehat," ujar Eka.

Dari segi musik mereka mempertahankan EDM dengan lirik berbahasa Inggris juga elemen  tradisional dari instrumen maupun bahasa Jawa. Lagu ini dibuka dengan permainan instrumen tradisional yang mengiringi dinamika dentum powerfull sepanjang track dan sedikit rasa melankoli pada bagian tertentu.Tak butuh waktu lama untuk mereka merangkum itu semua menjadi sebuah karya.

“Proses pembuatan cukup cepat, kurang lebih satu bulan. Lirik terinspirasi dari pengalaman pribadi yang mungkin juga dialami oleh banyak orang, dan ditulis bareng Weird Genius dengan Sara Fajira," ujar Eka.

Lagu tersebut baru bisa dinikmati oleh masyarakat pada Jumat, 28 Februari 2020 melalui berbagai platform musik digital.