Internasional

Benda Menakjubkan Peninggalan Kapal Titanic Jadi Incaran, Apa Saja

Benda Menakjubkan Peninggalan Kapal Titanic Jadi Incaran, Apa Saja

"Cepatlah, ruang mesin hampir tenggelam."

Kata-kata itu adalah pesan terakhir yang dikirim dari radio Kapal Titanic yang legendaris, beberapa saat sebelum tenggelam. 108 tahun kemudian, pemburu peninggalan akhirnya mendapatkan izin dari hakim Amerika Serikat, untuk mencari bingkai kapal dan mengambil barang-barang di dalamnya.

Sampai sekarang, perjanjian Inggris-AS bersama melindungi kapal Titanic dari eksploitasi. Namun secara kontroversial, perusahaan RMC Titanic Inc yang sudah memiliki beberapa barang memorabilia Titanic, telah mengirim hingga tiga robot tanpa awak ke reruntuhan kapal, yang berada 12.000 kaki di bawah Laut Atlantik.

Titanic tenggelam pada April 1912, menewaskan 1.500 orang, setelah menabrak sebuah gunung es. Berikut daftar 10 benda yang masih ada di dalam bangkai kapal, yang menjadi incaran para kurator, seperti dikutip The Sun.

1. Botol whiskey dari kabin tempat pembuat roti
Kepala pembuat roti, Charles Joughin, mengirimkan 13 anak buahnya untuk naik ke sekoci dengan masing-masing membawa empat roti. Joughin sendiri menolak naik ke sekoci dan kembali ke tempat kerjanya untuk menelan beberapa gelas wiski. Meski mabuk, entah bagaimana ia justru masuk ke dalam air dan selamat.

2. Lead Line milik pekerja kapal, John Hutchinson
Salah satu tugasnya adalah 'membunyikan kapal', dengan melemparkan timah ke saluran air di lambung kapal. Dia mungkin orang pertama yang menyadari bahwa Titanic telah hancur dan terakhir kali terlihat berkeliaran di koridor sambil menahan beban, dan mencoba melapor kepada kapten.

3. Perhiasan dari kabin John Jacob Astor
Ketika tubuh miliarder Astor yang tenggelam ditemukan, jasad sedang memakai arloji emas, kancing emas, cincin berlian tiga baru senilai US$ 4000 dolar. Astor yang memiliki koleksi jam tangan, cincin dan perhiasan yang luar biasa, pasti banyak tertinggal di dalam kabinnya.

4. Telepon
Telepon ini digunakan oleh pelaut berusia 24 tahun, Frederick Fleet, untuk memperingatkan bahwa ia telah melihat gunung es.

5. Sertifikasi milik kapten
Salinan Titanic's Board of Trade Passenger Certificate yang ditandatangani oleh surveyor setelah uji coba pada 2 April 1912, diperkirakan masih ada di kapal. Salinan ini berisi sertifikasi kapal untuk memberi izin mengangkut penumpang.

6. Camel mekanik
Gym khusus untuk penumpang VIP di dalam Titanic memiliki fasilitas yang mewah. Salah satunya adalah camel-riding yang dikhususkan untuk penumpang yang kaya.

7. Sekop
Setiap sekop batu bara di ruang mesin tempat awak bekerja dalam kegelapan dan bahaya, untuk menjaga generator kapal tetap beroperasi, meskipun ada peningkatan air di ruang ketel. Jumlah korban tewas tertinggi di antara orang-orang pemberani ini.

8. Lampu peringatan di kamar mesin
Setiap ruang mesin memiliki sistem lampu peringatan kode warna; putih untuk kecepatan penuh, biru untuk lambat dan merah untuk berhenti. Pada malam bencana, pintu-pintu mulai menutup dan lampu merah menyala.

9. Cello milik Roger Bricoux
Satu-satunya orang Prancis di antara musisi yang bermain sampai akhir untuk mencoba membuat penumpang tetap tenang. Berusia 20 tahun ketika tenggelam, tubuh Roger tidak pernah ditemukan.

10. Pin emas dari Ben Guggenheim
Ben adalah seorang taipan yang selalu berpakaian rapi, lengkap dengan pin emas. Setelah membantu nyonyanya naik sekoci, ia konon menunggu kematian dengan penumpang kelas satu lainnya.

Dennis Rodman Endus Ada yang Tak Beres dengan Kim Jong-un Sahabatnya