Internasional

Berjuang Melawan Virus Corona, Dokter di India Diludahi dan Diserang

Berjuang Melawan Virus Corona, Dokter di India Diludahi dan Diserang

NEW DELHI, - Dokter di India mengungkapkan kisah pilu bagaimana mereka diludahi dan diserang di tengah perjuangan melawan virus corona.

Sejumlah laporan menyatakan, tim medis mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari warga, di mana perawat yang dimaki menggunakan bahasa kasar.

Ada juga cerita bagaimana dokter beserta keluarganya mendapatkan diskriminasi dari tetangga karena merawat penderita virus corona.

Saat ini, India melaporkan 2.567 kasus penularan, dengan korban meninggal mencapai 72 orang, demikian dilaporkan BBC Jumat (3/4/2020).

Satu video yang tengah viral menunjukkan massa melemparkan batu kepada dua dokter perempuan yang mengenakan pakaian pelindung di Indore.

Keduanya saat itu dilaporkan tengah melakukan pemeriksaan terhadap wanita yang diyakini terjangkit Covid-19 tatkal mendapat serangan.

Meski terluka karena diserang, salah satu tenaga medis, Zakiya Sayed, menegaskan dia tidak akan mundur dari kewajibannya merawat pasien.

Dia mencritakan, dia dan rekannya tengah melaksanakan rutinitas memeriksa Orang dalam Pengawasan (ODP) ketika mendapat serangan.

"Saya belum pernah mengalami yang seperti ini. Sangat menakutkan. Kami berhasil menghindari mereka. Saya terluka namun tidak takut," tegas dia.

Dokter Sayed mengatakan, dirinya tidak mempunyai alasan untuk menaruh curiga bahwa masyarakat saat ini gelisah dengan keberadaan tim medis.