Internasional

Cara Unik Nonton Konser Patuhi Social Distancing di Era New Normal

Cara Unik Nonton Konser Patuhi Social Distancing di Era New Normal

Salah satu sektor yang juga terkena dampak pandemi COVID-19 tak lain adalah industri pertunjukan musik. Praktis, aktivitas konser musik berupa pertunjukan pentas menjadi sangat tidak direkomendasikan kala virus corona masih mewabah.

Meski dunia kini telah menyongsong tatanan hidup baru atau new normal, namun berbagai aspek masih perlu menjadi perhatian serius untuk menggelar event seperti gelaran konser musik.

Sejumlah pertimbangan terkait protokol kesehatan juga patut dipikirkan sebagai poin penting dalam penyelenggaraan pertunjukan musik.

Video Jokowi Tegur Menteri Lagi, 3 Bulan WFH Malah Kayak Cuti

Belum lama ini, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbitkan protokol kesehatan di bidang ekonomi kreatif, terutama yang mengumpulkan banyak massa.

Namun, rupanya aktivitas pertunjukan musik yang mengumpulkan kerumunan penonton dalam jumlah banyak sudah ada yang berlangsung di mancanegara.

Adalah festival musik bertajuk Nits del Primavera Sound telah digelar di Kota Barcelona, Spanyol, mulai Kamis 2 Juli 2020 lalu.

Penting, Cara Jitu Perkuat Imunitas Tubuh Cegah Virus Corona

Sejumlah musisi dan grup musik kelas dunia pun pernah ambil bagian dalam pertunjukan yang pertama kali digelar pada tahun 2000 tersebut, sebut saja The Cure, Bjork, Blur, The White Strips, The Storkes, Radiohead, Arctic Monkeys dan masih banyak lainnya.

Tapi, yang menarik dari penyelenggaraan konser Primavera Sound, yakni arena pertunjukan yang di-setting tetap mempertimbangkan protokol kesehatan termasuk juga penerapan social distancing.

Area penonton festival yang menghadap langsung ke muka panggung dengan setiap tempat duduk penonton diberi jarak aman antar sesama penonton yang hadir.

Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Aturan Protokol Kesehatan di Area Pasar

Kondisi itu pun menjadi sorotan pengamat musik Adib Hidayat, yang memposting foto suasana di festival Nits del Primavera Sound dalam akun Instagram pribadinya, @adibhidayat.

“Konser di era normal baru untuk sementara bakal seperti yang dibuat @primavera_sound ini mungkin di Indonesia? Tetap dengan protokol COVID-19 yang ketat,” tulis caption dari postingan Adib Hidayat tersebut.

Deretan tanggapan pun muncul dalam kolom komentar postingan tersebut, yang salah satunya berbunyi “Kaya panggung acara sunatan ya mas konsepnya,” tulis akun @hanummm.

Ada pula komentar lainnya. “Wah jadi lebih intimate gitu ya..,” kata akun @pipisavtr. Tak ketinggalan komentar kocak berikut, “Konser dengan suasana rapat wali murid,” tulis akun @nofiannto.