Internasional

Corona: Nonton Konser Musik dari Mobil Cara Baru di Beberapa Negara

Corona: Nonton Konser Musik dari Mobil Cara Baru di Beberapa Negara

Pandemi virus corona yang masih menghantui dunia, tidak membuat warga Korsel, Australia dan Denmark kehilangan akal agar dapat menonton konser musik di lapangan terbuka.

Karena ada keharusan menjaga jarak fisik agar penonton tak terpapar virus corona, para penyelenggara konser musik di kota Goyang, Korea Selatan, Sabtu (23/05), menghidupkan lagi tradisi menonton film dari mobil. Istilahnya, bioskop drive-in.

Kali ini, bukan film yang diputar, tapi konser musik yang menghadirkan para musisi lokal.

  • Virus corona: Piala Eropa 2020 batal, Disneyland tutup, BTS tak jadi konser, dampak virus corona terhadap olahraga dan dunia hiburan
  • Virus corona: Bagaimana pandemi menciptakan `kota-kota hantu` di seluruh dunia
  • Virus corona: Uni Eropa akan tutup akses bagi pengunjung selama sebulan

Para penggemar musik itu di kota Goyang tak perlu keluar dari mobil untuk mendengarkan - dan melihat, tentu saja - musisi kesayangannya beraksi.

Dengan tetap di dalam mobil, maka mereka akan tidak menyentuh orang lain.

Sebelum mereka memasuki pelataran luas, panitia konser itu juga memeriksa suhu tubuh para penonton.

Dan ketika para musisi itu mendendangkan lagu-lagu, sebagian di antara penonton keluar dari atap mobil - memotret, membuat video atau meneropong.

Di antara penonton juga terlihat ikut berdendang, dengan menggoyangkan badan atau bertepuk tangan.

Tidak hanya di Korea Selatan, warga penikmat musik di Kota Aarhus, Denmark, tetap berduyun-duyun datang ke tanah lapang untuk menonton konser musik pada Minggu (24/05).

Tentu saja, mereka tak berjoget seenaknya di depan panggung, tapi di dalam mobil masing-masing.

Menghadirkan musisi lokal, konser ini digelar di tempat terbuka, di pinggir laut, yang dapat menampung lebih dari dua lusin mobil.

Diatur sedemikian rupa, para penggemar musik itu tetap disiplin di dalam mobil. Jarak antar mobil juga diatur agar tidak berdekatan.

Di ujung, ada panggung yang didominasi warna hitam. Di sanalah para musisi menghibur para tamunya.

Untuk menyenangkan para penggemar konser musik, panitia memasang layar video dan alat pengeras suara.

Warga kota Sydney, Australia, juga tak mau ketinggalan untuk menggelar konser musik di lapangan terbuka, tapi tetap mengikuti protokol pandemi.

Digelar Kamis (21/05) lalu, konser itu digelar di lapangan terbuka, dan para musisi unjuk kebolehan di atas panggung, yang dapat dinikmati dari jarak jauh, karena dipasang pula layar lebar.

Kota Goyang, Aarhus, dan Sydney, menyadari betul bahwa hidup harus berjalan terus, termasuk dalam menikmati musik di tengah pandemi virus corona.

Hanya saja, mereka kini memiliki cara baru untuk dapat menikmati konser musik, dan tetap aman dari kemungkinan terpapar pandemi, yakni menikmatinya dari dalam mobil.

Lihat artikel asli
fotter-bbc