Internasional

'Covid-Toes', Benarkah Ciri Virus Corona yang Muncul di Jari Kaki?

'Covid-Toes', Benarkah Ciri Virus Corona yang Muncul di Jari Kaki?

Berbagai foto mau pun video yang ramai dibagikan entah melalui e-mail mau pun sosial media menjadi sorotan para dokter kulit.

Pasalnya, di foto atau video yang beredar tersebut menunjukkan kaki yang ruam yang diisukan merupakan gejala dari Covid-19.

Dilansir The Associated Press, seorang pakar dermatologi Boston, Dr Esther Freeman melihat banyak keluhan terkait masalah kulit di tengah wabah Covid-19, beragam kasus ruam memang kerap terjadi ketika seseorang menderita sakit yang disebabkan oleh virus.

"Tapi saya tidak menyangka (ruam) itu akan terjadi pada jari kaki," ungkap Freeman yang bekerja di Rumah Sakit Umum Massachussets.

Dia telah meninjau via telemedis untuk beberapa kasus ruam kaki pada beberapa pekan terakhir.

Kaki dengan ruam itu disebut ' Covid toes' atau jari-jari kaki Covid. Jari kaki itu memiliki ruam berwarna merah, bengkak, perih dan kadang gatal dan tampak seperti jari kaki (chilblain) yang kedinginan apabila seseorang berada dalam waktu lama di cuaca yang cukup dingin.

Menurut Akademi Dermatologi Amerika, "Jangan terburu ke IGD jika kaki Anda mengalami hal seperti itu."

Pada awal bulan ini, akademi tersebut mengeluarkan saran pemeriksaan telemedis sebagai langkah pertama apabila orang-orang bertanya-tanya 'apakah mereka punya Covid-toes' dan tidak memerlukan perawatan darurat.

Dokter, dari hasil telemedis itu bisa memutuskan apakah pasien harus tinggal di rumah dengan isolasi atau dites.

Di sisi lain, gejala virus corona yang paling umum adalah demam, batuk kering dan sesak napas, dan beberapa orang mampu menularkan virus walau pun tidak pernah mengalami gejala.