Internasional

Di Turki, Risma Cerita soal Kelucuan Bonek

Di Turki, Risma Cerita soal Kelucuan Bonek

ANKARA, - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berbagi kisah bagaimana dia memimpin kota, termasuk tentang kelucuan Bonek.

Wali kota yang akrab disapa Risma itu mengisahkannya ketika hadir sebagai pembicara dalam forum Inspiration Day yang digelar di Turki.

Acara itu diselenggarakan KBRI Ankara pada Kamis (12/12/2019) dalam rangka memperingati Hari Ibu, dan dihadiri ratusan WNI di berbagai kota di Turki.

Semua berawal dari sesi tanya jawab ketika Risma tengah membagikan kisah menarik selama dia menjadi Wali Kota Surabaya.

Rupanya, salah seorang penanya adalah Bonekmania. Dia bertanya tentang langkah yang bakal dilakukan pemkot dalam menjaga hubungan dengan salah satu suporter terbesar Indonesia itu.

Mendapat pertanyaan tersebut, Risma sontak tertawa. "Gak habis pikir saya, sudah sampai Ankara saja masih bertemu dengan Bonek," tuturnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Dia menjawab kerap memantau dan ikut menertibkan pergerakan Bonek, dan bercerita saat didatangi Bonekmania Sidoarjo.

Kepada Risma, Bonek Sidoarjo meminta agar dia menyampaikan pesan kepada Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, agar jangan lagi ada aksi lempar botol dari pendukung Deltras Sidoarjo kepada Bonek.

"Saya ngomong ke mereka. kalau tak sampaikan begitu nanti Bupati Sidoarjo ngomong ke saya begini, 'Bu Risma ini Wali Kota Surabaya atau Sidoarjo'. Akhirnya mereka ya bilang, 'oh begitu ya Bu'," ujarnya disambut tawa hadirin.

Risma mengaku bersyukur saat ini, Bonekmania bisa diajak untuk bekerja sama dengan Pemkot Surabaya. Contohnya saat ada kerja bakti.

Tanpa adanya imbauan, mereka secara sukarela turun ke jalan membantu, atau pun mematuhi permintaan untuk tak datang pertandingan agar tak terjadi kerusuhan.