Internasional

Dihuni 2 Orang Terkaya Dunia, Kota di AS Ini Hampir Tak Mampu Biayai Sarana Umum

Dihuni 2 Orang Terkaya Dunia, Kota di AS Ini Hampir Tak Mampu Biayai Sarana Umum

MEDINA, - Namanya Medina. Kota di kawasan Washington, Amerika Serikat, ini dihuni oleh dua orang terkaya dunia.

Nama mereka adalah pendiri Amazon Jeff Bezos, serta William Henry Gates III, atau yang dikenal sebagai bos Microsoft Bill Gates.

Menurut majalah Forbes, jika kekayaan mereka digabung, Bezos dan Gates menghasilkan 209,6 miliar dollar AS, atau Rp 2.955 triliun.


Meski ditinggali dua orang terkaya dunia, nyatanya Medina tidak mampu untuk mencukupi biaya di sektor sarana umum.

Baru-baru ini saja, pemerintah kota baru bisa menghimpun pajak guna membiayai layanan seperti pemeliharaan prasarana dan polisi.

Bulan lalu, Medina menghadapi masalah keuangan, dengan perkiraan defisit mencapai 500.000 dollar AS, atau Rp 7 miliar pada 2020.

Dilansir BBC Indonesia Selasa (26/11/2019), defisit itu bisa meningkat hingga 3,3 juta dollar AS, sekitar Rp 46 miliar, dalam lima tahun.

Dalam sebuah laporan yang dirilis Juni lalu, Medina hanya bisa menghimpun 2,8 juta dollar AS (Rp 39 miliar) dari pajak properti.

Mereka terkendala batasan peningkatan pajak satu persen per tahun, di mana kota hanya menerima dana 28.000 dollar AS (Rp 394 juta) di 2020.

Angka itu jelas tidak cukup untuk membayar layanan umum seperti pemadam kebakaran, polisi, hingga pemeliharaan taman.

"Tentu sulit membayangkan bahwa pemerintah kota tak punya cukup pendapatan untuk mempertahankan layanan," demikian isi laporan itu.