Internasional

Dunia eSports Indonesia Kedatangan Game MOBA Terbaru, Ini Kelebihannya

Dunia eSports Indonesia Kedatangan Game MOBA Terbaru, Ini Kelebihannya

Kompetisi eSports terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut Newzoo, penyedia market intelligence untuk games, eSports, dan mobile, kompetisi game online mampu menarik 443 juta orang di seluruh dunia pada tahun lalu, atau naik 12 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, laporan Global eSports Market menyatakan pendapatan industri eSports di dunia akan mencapai US$1,1 miliar atau Rp18 triliun hingga akhir tahun ini dengan jumlah audiens juga diprediksi akan naik menjadi 495 juta orang dengan pasar utamanya India, Brasil, dan Asia Tenggara.

Saat ini para pencinta game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) kedatangan satu lagu game baru bernama Legend of Kingdoms The Next Generation (Loki) yang baru saja dirilis oleh PT Megaxus Infotech.

Menurut Bambang Budiman, selaku senior content manager Megaxus, Legend of Kingdoms adalah sebuah mobile game yang mengusung genre MOBA, di mana 10 orang pemain yang dibagi menjadi dua tim, dapat mengadu strategi dan skill untuk memenangkan pertempuran pada map yang terbagi menjadi tiga jalur.

"Bukan rahasia lagi, game kompetitif multiplayer seperti ini merupakan kesukaan para gamers dan pecinta eSports di Tanah Air," kata dia di Jakarta, Jumat, 3 April 2020.

Selain Mobile Legends, ada juga beberapa game MOBA Analog lainnya yang memiliki keunikan tersendiri, sehingga layak untuk kamu coba mainkan.

Bicara gameplay, yang membedakan Legend of Kingdoms dengan game MOBA lainnya adalah pemain bisa memainkan lebih dari 50 hero legendaris dari era tiga kerajaan yang berasal dari China, seperti Liu Bei, Guan Yu, Zhang Fei, Zhao Yun, Cao Cao, Lu Bu.

Para hero ini terbagi menjadi 6 tipe, yaitu Warrior, Tank, Assassin, Mage, Marksman dan Support. Setiap tipe hero ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, sehingga membutuhkan strategi, item, dan cara bermain yang berbeda.

Selain itu, Legend of Kingdoms memiliki fitur-fitur yang tidak ditemukan pada game mobile MOBA lain yang sudah beredar saat ini. "Contohnya fitur Ward dan Sentry yang digunakan untuk mendeteksi musuh yang bersembunyi di lokasi tertentu pada map," ungkap Bambang.

Kemudian, adalagi fitur Courier yang berguna untuk membawakan item atau equipment yang dibeli oleh pemain dari markas ke lokasi hero. Ada juga fitur Talent, yaitu skill tambahan yang bisa dipilih oleh pemain sebelum pertempuran, fitur Rune yang memberikan status tambahan untuk hero, serta fitur Legion di mana pemain bisa berkumpul dan bermain bersama sebagai suatu klan.

“Kami sangat senang dengan antusiasme gamers dalam menyambut game ini dari sejak masa pra registrasi maupun Beta Test. Kami harap kehadiran Legend of Kingdoms dapat memenuhi hasrat para gamers di Tanah Air akan sebuah game MOBA yang fresh dan berkualitas dunia,” tuturnya.

Sebelum resmi diluncurkan, Legend of Kingdoms telah melalui masa pra-registrasi, dari 26 November 2019 hingga 25 Maret 2020, yang berhasil mengumpulkan lebih dari 250 ribu gamers yang melakukan pra-registrasi. Lalu, dilanjutkan dengan Beta Test yang berlangsung dari 17 sampai 23 Maret 2020.