Internasional

Foto Selir Raja Thailand Dirilis Kerajaan ke Internet

Foto Selir Raja Thailand Dirilis Kerajaan ke Internet

BANGKOK, KOMPAS.com - Kerajaan Thailand dilaporkan merilis foto selir Raja Maha Vajiralongkorn dalam berbagai kesempatan di internet. Lengkap dengan biografinya.

Raja Maha Vajiralongkorn memberikan gelar Chao Khun Phra, atau Selir Kerajaan, kepada mantan perawat militer Sineenat Wongvajirapakdi saat ulang tahun ke-67 Juli lalu.

Dilansir BBC Senin (26/8/2019), gambar yang dirilis menunjukkan Sineenat menjadi pilot jet tempur, mengenakan pakaian tempur, hingga menembak senapan.


Reuters memberitakan, situs yang merllis foto maupun biografi dari perwira berpangkat Mayor Jenderal itu menjadi down setelah menerima traffic tinggi.

Sementara kantor berita AFP memberitakan, Sineenat menjadi perempuan pertama yang menerima gelar selir Raja Thailand setidaknya dalam 100 tahun terakhir.

Publikasi lebih dari 60 foto dan biografi setebal 46 halaman itu sebenarnya sudah dilakukan pekan lalu. Namun sirkulasinya baru diterapkan Senin.

"Raja sudah memerintahkan pembuatan biografi kerajaan untuk Chao Khun Phra Sineenat Bilaskalayani." Demikian pernyataan dari kerajaan menggunakan gelar resmi Sineenat.

Gambar maupun biografi itu memberikan pandangan intim mengenai kehidupan pemimpin monarki yang dilindungi oleh aturan sangat kuat tentang penghinaan anggota kerajaan.

Lahir di Provinsi Nan di utara Thailand, dia lulus dari Sekolah Perawat Militer, dilatih sebagai pilot, dan mengabdi di unit penjaga raja sebagai jenderal bintang dua.

Penyuka sepeda dan penerbangan yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Jerman, Maha Vajiralongkorn ditetapkan sebagai raja dalam upacara berdurasi tiga hari Mei lalu.

Upacara penobatan itu terjadi beberapa hari setelah Raja Maha Vajiralongkorn mengumumkan dia menikah dengan Suthida Vajiralongkorn na Ayudhya.

Suthida, mantan wakil komandan pengawal raja, merupakan istri keempat sang raja yang sudah mempunyai putra dari pernikahan ketiganya, selain enam anak lain.

Raja Thailand dengan gelar Rama X ini baru dikenal publik setelah ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, wafat pada 2016.