Internasional

Hari Ke-7 Demo George Floyd, Ritme Hidup WNI Mulai Berbeda

Hari Ke-7 Demo George Floyd, Ritme Hidup WNI Mulai Berbeda

CHICAGO, - Penjarahan masih terjadi di demonstrasi kematian George Floyd, tetapi keadaan Warga Negara Indonesia (WNI) dilaporkan masih aman, walau harus menjalani hidup dengan ritme berbeda.

Hal tersebut diungkapkan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Chicago, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Selasa (2/6/2020).

KJRI Chicago menyampaikan, aksi unjuk rasa masih berlanjut di hari ketujuh pada Senin (1/6/2020), tapi lebih kondusif dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Meski begitu, di beberapa tempat masih diwarnai aksi perusakan dan penjarahan.

Konsul Jenderal (Konjen) RI di Chicago Meri Binsar Simorangkir menuturkan, KJRI Chicago terus berkomunikasi dengan para WNI di kota-kota yang dilanda kerusuhan, untuk memastikan keadaan mereka tetap aman.

Konjen RI juga mengingatkan warga agar menghindari tempat-tempat terjadinya aksi-aksi, serta melaporkan segera ke Hotline 24 jam KJRI jika terdapat informasi warga Indonesia yang memerlukan bantuan.

Kemudian dalam menyikapi demonstrasi besar-besaran yang sudah berlangsung satu pekan ini, sejumlah WNI dikabarkan menjalani hidup dengan ritme berbeda.

KJRI Chicago menyebutkan, ada WNI yang berdiam diri di rumah, ada pula yang keluar hanya untuk keperluan tertentu saja.

"Ada yang paranoid, ada yang santai saja," lanjut keterangan dari KJRI Chicago.

Namun ada juga WNI yang berusaha menjaga ritme hidup seperti biasanya, dengan tetap bepergian ke downtown (pusat kota), lokasi terjadinya demonstrasi bertajuk Black Lives Matter ini.