Internasional

Heboh, Sampul Majalah TIME Sindir Trump Rasis ala Hitler, Ini Faktanya

Heboh, Sampul Majalah TIME Sindir Trump Rasis ala Hitler, Ini Faktanya

WASHINGTON DC, - Gambar sampul majalah TIME yang menyindir Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump bersifat rasis seperti Adolf Hitler, beredar luas di media sosial.

Gambar sampul majalah dengan corak khas TIME yakni tulisan besar berwarna merah serta gambar yang bermakna mendalam ini, langsung menjadi perbincangan sejumlah warganet.

Pasalnya, gambar sampul majalah itu berisi siluet wajah Trump dari samping, yang ditempatkan sebagai "kumis" Adolf Hitler.

Sosok Hitler digambar berupa siluet rambutnya saja, tetapi bersama "kumis" wajah Trump sudah mengartikan bahwa sosok yang dimaksud adalah sang pimpinan Nazi.

Sindiran rasialisme diperkuat dengan tulisan kecil di pojok kanan bawah sampul, yang dalam bahasa Indonesia berarti "Rasisme. Virus yang paling bahaya."

Dengan maraknya demonstrasi kematian George Floyd di AS dan sejumlah negara lainnya, gambar ini langsung tersebar cepat di dunia maya karena mengangkat isu yang sama.

Lantas, benarkah TIME yang membuat sampul majalah itu?

Dilansir dari pemberitaan EN24, sampul majalah itu bukan bikinan TIME sendiri melainkan karya seorang kartunis Perancis bernama Luc Descheemaeker.

Kartunis yang juga dikenal dengan nama pena O-sekoer itu membuatnya pada 2016 dengan judul karya "Trump/H".

EN24 melanjutkan, pada 2016 Trump/H bersama karya-Descheemaeker lainnya telah dipamerkan di Mexico City yang mengangkat ketenarannya hingga ke seluruh dunia.