Internasional

Jerman Tes Corona Gratis Bagi Warganya yang Pulang dari Luar Negeri

Jerman Tes Corona Gratis Bagi Warganya yang Pulang dari Luar Negeri

Sejak akhir minggu, penduduk yang kembali dari liburan di luar negeri bisa melakukan tes corona secara cuma-cuma dalam waktu 72 jam setibanya di Jerman. Tes itu bisa dilakukan pada berbagai fasilitas yang ada di kota tempat tinggal. Biaya tes akan ditanggung oleh pemerintah Jerman.

Menteri Kesehatan Jens Spahn mengimbau kepada warga yang kembali dari perjalanan wisata di luar negeri agar memanfaatkan fasilitas ini. ”Virus tidak mengambil cuti“, katanya sebelum mengingatkan, kurva infeksi di Jerman sedang kembali mengarah ke atas.

”Siapa yang kembali dari perjalanan (ke luar negeri) bisa melakukan tes corona, secara sukarela dan cuma-cuma“, kata Jens Spahn. Biaya tes pertama-tama akan dibayar oleh asuransi kesehatan masing-masing. Pemerintahan federal kemudian akan mengganti biaya itu langsung kepada asuransi yang bersangkutan.

Tes Corona wajib bagi yang datang dari kawasan risiko

Aturan lebih ketat berlaku bagi mereka yang melakukan kunjungan ke kawasan berisiko sesuai daftar milik lembaga pengawasan pandemi Jerman, Robert-Koch-Institut (RKI) di situs internetnya. Daftar itu selalu diaktualisasi oleh RKI sesuai perkembangan pandemi.

Mereka yang datang dari kawasan risiko wajib melakukan tes corona dan karantina mandiri selama 14 hari. Mereka juga diharuskan segera melapor ke dinas kesehatan setempat begitu tiba kembali di Jerman. Mereka bisa membuktikan telah melakukan tes corona dengan hasil negatif di luar negeri, kalau surat hasil tes itu tidak lebih lama dari 48 jam. Surat hasil tes negatif yang diakui adalah yang berbahasa Jerman atau berbahasa Inggris.

Menteri Kesehatan Jens Spahn mengatakan, aturan yang berlaku sekarang masih akan disempurnakan ketika semua fasilitas tes di bandara dan setasiun kereta api sudah siap dioperasikan. Negara-negara bagian saat ini sedang membangun fasilitas dan kapasitas tes dan diharapkan sudah akan rampung minggu ini.

Selambatnya 72 jam setelah memasuki Jerman

Tes sukarela secara gratis harus dilakukan dalam waktu 72 jam setelah tiba kembali di Jerman. Untuk mendapat informasi tentang di mana lokasi tes terdekat, dibuka jalur informasi khusus dengan nomor hubung 116 117.

Pemerintah Jerman juga akan mengambil alih biaya tes ulangan. Jika misalnya seseorang sebelumnya sudah melakukan tes corona di luar negeri tetapi tes itu sudah melewati batas waktu 48 jam, maka tes corona bisa dilakukan lagi di Jerman secara cuma-cuma.

Mereka yang ingin melakukan tes secara cuma-cuma bisa membuktikan telah melakukan perjalanan ke luar negeri dengan boarding pass, rekening hotel, tiket perjalanan, atau bukti-bukti lain yang sesuai. Kementerian Kesehatan mengatakan, hasil tes corona akan tersedia dalam waktu selambatnya 24 jam, atau jika kapasitas tes masih terbatas, dalam waktu 48 jam.

hp/rzn (dpa, afp)

Lihat artikel asli https://www.dw.com/id/beranda/s-11546