Internasional

Mengapa Masker dan Social Distancing Sangat Penting untuk Cegah Covid-19?

Mengapa Masker dan Social Distancing Sangat Penting untuk Cegah Covid-19?

WASHINGTON DC, - Semakin tingginya pemahaman masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker dan penerapan social distancing, maka akan semakin besar peluang untuk suatu negara memperlambat atau bahkan menghentikan pandemi virus corona.

Mengenakan masker dan social distancing telah terbukti menjadi langkah paling penting dalam melawan penyebaran virus corona

Namun, sejumlah besar orang-orang di Amerika Serikat ( AS) kurang menyadari betapa pentingnya penggunaan masker, sehingga mengakibatkan lonjakan kasus virus corona di sana.

Berdasarkan data dari Worldometers pada Senin (13/7/2020), total kasus virus corona di AS hingga hari ini tercatat mencapai lebih dari 3,4 juta dengan total angka kematian sebanyak 137.787 orang.

AS hingga saat ini masih negara dengan kasus virus corona terbanyakm disusul Brasil dengan total kasus lebih dari 1,8 juta, dan India dengan total kasus lebih dari 800.000.

Melansir Psychology Today pada Minggu (12/7/2020), sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang yang tidak memakai masker salah paham bagaimana Covid-19 menyebar.

Para peneliti di Social Cognition Center Cologne dan Universitas Bremen melakukan tiga percobaan, masing-masing melibatkan lebih dari 500 orang dewasa dari AS.

Sejumlah besar dari mereka tidak mengetahui pentingnya social distancing atau penggunaan masker.

Selain itu, mereka menganggap penyebaran virus corona berlangsung secara konstan (linier). Padahal, virus dapat menyebar dengan menggandakan diri sendiri (eksponensial).

"Secara umum, orang sulit memahami pertumbuhan eksponensial dan menafsirkannya secara keliru sebagai istilah linear," jelas penulis studi Joris Lammers dalam siaran pers.