Internasional

Meski Belum Terbukti Ampuh, Jair Bolsonaro Minum Hidroksiklorokuin guna Lawan Covid-19

Meski Belum Terbukti Ampuh, Jair Bolsonaro Minum Hidroksiklorokuin guna Lawan Covid-19

BRASILIA, - Usai terinfeksi Covid-19, Presiden Brasil Jair Bolsonaro langsung meminum obat anti malaria hidroksiklorokuin, meski belum terbukti ampuh menyembuhkan virus corona.

Dalam sebuah video yang diunggah di Facebook, Bolsonaro memperlihatkan dirinya menenggak sebutir hidroksiklorokuin, dan mengklaim obat itu membuatnya lebih sehat.

Beberapa jam setelah ia mengumumkan positif corona pada Selasa (7/7/2020), Bolsonaro mengunggah video dirinya minum obat anti-malaria itu, yang disebutnya dapat mengatasi Covid-19 dan Donald Trump pernah menyebutkan hal yang sama.

Namun, obat yang diklaim dua petinggi negara itu belum terbukti efektif melawan Covid-19 dalam tubuh orang yang terinfeksi.

Bolsonaro dites positif corona setelah mengalami gejala demam dan nyeri otot. Ia juga meyakinkan publik bahwa dia "benar-benar sehat".

“Hari ini saya jauh lebih baik, jadi tentu saja (obat) itu berhasil. Kita tahu hari ini ada obat lain yang dapat membantu melawan virus corona," kata Bolsonaro seperti dikutip Daily Mail pada Rabu (8/7/2020).

“Kami tahu tidak ada satu pun dari obat-obat ini memiliki khasiat yang sudah terbukti secara ilmiah, tetapi saya satu orang dari lainnya yang tahu bahwa obat ini bekerja (atasi Covid-19). Jadi saya percaya hidroksiklorokuin. Kalau kamu?" ungkapnya kemudian.

Kendati sudah empat kali menjalani res virus corona dan yang terbaru menyatakan positif, laki-laki 65 tahun ini tetap acuh terhadap pandemi yang terjadi saat ini di seluruh dunia.

Pada Selasa (7/7/2020), saat ia mengumumkan bahwa dirinya positif menderita corona, tanpa ragu-ragu dia melepas maskernya di depan awak media.

Mantan kapten militer ini mendapat kecaman keras dari masyarakat dunia karena tindakannya yang menentang lockdown dan social distancing, sementara jumlah kasus dan kematian di sana sangat tinggi.