Internasional

Negara-negara Ini Pernah Lebih dari Sekali Pindahkan Ibu Kotanya

Negara-negara Ini Pernah Lebih dari Sekali Pindahkan Ibu Kotanya

Di saat pemerintah Indonesia sedang bersiap untuk melakukan pemindahan ibu kotanya, banyak negara lain yang telah lebih dulu melakukannya.

Bahkan beberapa di antaranya telah lebih dari sekali memindahkan pusat pemerintahannya dari satu kota ke kota lainnya.

Sejumlah negara yang tercatat pernah memindahkan ibu kotanya di antaranya ada Amerika Serikat, Brasil, Kazakhstan, Myanmar, Nigeria, Australia, Pakistan, Bolivia, Portugal, serta Malaysia.

Dari negara-negara tersebut dua yang disebutkan pertama tercatat telah lebih dari satu kali melakukan pemindahan ibu kota.


AS pernah memindahkan pusat pemerintahannya hingga sembilan kali, sementara Brasil pernah dua kali melakukan pemindahan ibu kota.

Berikut ini sejarah singkat pemindahan ibu kota Amerika Serikat dan Brasil yang dihimpun Kompas.com dari berbagai sumber:

Sejarah Ibu Kota Amerika Serikat

Dilansir history.com, ada delapan kota yang pernah berperan sebagai pusat pemerintahan AS sebelum akhirnya ditetapkan di Washington DC.

Perjalanan pemilihan ibu kota AS terjadi selama masa awal usai deklarasi kemerdekaan pada 1776 hingga selesai dibangunnya ibu kota Washington DC pada 1800.

Berbeda dengan Indonesia yang hendak memindahkan pusat pemerintahannya dengan seluruh alat kelengkapannya dari Jakarta ke Kalimantan Timur, perpindahan ibu kota AS ini hanya diikuti Kongres Kontinental sebagai badan pemerintah kolonial Amerika.

Kongres Kontinental ini berpindah dan menempati gedung di kota-kota terpilih dan menjadi pusat pemerintahan AS pada masa itu.

1. Philadelphia

Kota pertama yang pernah berperan sebagai pusat pemerintahan AS adalah Philadelphia, Pennsylvania.

Gedung Carpenter's Hall di Philadelphia menjadi tempat bagi Kongres Kontinental untuk menyusun Deklarasi Kemerdekaan pada 1774 hingga rampung pada 4 Juli 1776.

Kota ini pernah kembali menjadi pusat pemerintahan AS pada 1778 dan antara 1790 hingga 1800, saat peralihan ibu kota Amerika Serikat dari New York ke Washington DC.

2. Baltimore

Kota Baltimore di negara bagian Maryland menjadi rumah bagi Kongres Kontinental pada 1776, setelah meninggalkan Philadelphia karena pasukan Inggris yang semakin mendekat.

3. Lancaster

Kongres Kontinental kembali dievakuasi pada September 1777. Kali ini dari Baltimore, Maryland, menuju Lancaster, Pennsylvania.

Kota ini hanya sehari menjadi pusat pemerintahan AS, yakni pada 27 September 1777, sebelum anggota Kongres Kontinental kembali dievakuasi setelah menggelar satu kali sesi pertemuan di gedung pengadilan setempat.