Internasional

Patuh Aturan Pencegahan Virus Corona, PM Belanda Tak Datang Saat Ibunya Meninggal

Patuh Aturan Pencegahan Virus Corona, PM Belanda Tak Datang Saat Ibunya Meninggal

AMSTERDAM, - Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, tidak bisa datang saat ibunya meninggal karena mematuhi aturan pencegahan virus corona.

Kabar mengenai Rutte muncul setelah di Inggris, penasihat PM Boris Johnson, Dominic Cummings, melanggar aturan lockdown dengan mengunjungi kediaman orangtuanya.

Kantor PM Belanda mengumumkan, ibu Mark Rutte, Mieke Rutte-Dilling, meninggal pada 13 Mei, hampir dua bulan sejak pemerintah menutup institusi publik.

"Perdana menteri mematuhi segala tindakan pencegahan," kata juru bicara Rutte, saat ditanya apakah PM menemani sang ibu sebelum meninggal.

Dilansir AFP Senin (25/5/2020), ibunya yang berusia 96 tahun tidak meninggal karena virus corona. Meski, panti jompo tempatnya tinggal sempat dihantam wabah.

Sebelumnya, Rutte sudah mengumumkan kematian ibunya. Dia menuturkan di samping kesedihan yang melanda, dia bersyukur karena ibunya masih terus menemaninya hingga berumur 96 tahun.

"Kini, kami mengucapkan selamat tinggal kepadanya, dan berharap bisa menyikapi kehilangan ini di masa mendatang," ujar dia.

Pemerintah Belanda mengizinkan kunjungan atas sejumlah panti jompo pada Senin, dengan izin ini bakal diperpanjang hingga 15 Juni.

Menerapkan apa yang disebut "lockdown pintar", Negeri "Kincir Angin" sejauh ini mencatatkan 45.455 infeksi dan 5.839 korban meninggal.