Internasional

Saat Soal Ujian Masuk Universitas di China "Gaokao" Bikin Bingung Guru Matematika AS

Saat Soal Ujian Masuk Universitas di China

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah video memperlhatkan bagaimana guru matematika di Amerika Serikat kesulitan ketika menjawab soal ujian masuk universitas di China.

Video itu diunggah pada 8 Juni oleh seorang guru asal China yang bekerja di AS. Temannya, seorang guru matematika SMP, berusaha menjawab soal dari ujian masuk tahun ini.

Dikenal juga dengan nama Gaokao, ujian masuk itu diadakan setiap tahun sebagai ujian dengan tingkat kesulitan tinggi, bahkan oleh dunia internasional sekalipun.


Dilansir SCMP Rabu (12/6/2019), soal itu diambil dari Bagian II ujian matematika bagian sains natural level nasional yang terkenal menantang bagi siswa yang mengambil jurusan sains.

Kepada Guancha Syndicate, guru yang tak disebutkan namanya itu berkata dia sudah mendengar bahwa soal ujian gaokao begitu sulit sehingga dia mencarinya di internet.

"Saya mencoba untuk memecahkan soalnya di sebuah kafe. Namun karena sudah lama tidak mengerjakannya, saya sudah lupa bagaimana caranya," kata guru itu.

Pada saat dia mengerjakannya, si guru AS tengah bermain catur dengan rekannya sehingga dia meminta tolong. "Jadi saya meminta tolong. Namun tampaknya, dia kesulitan," ujarnya.

Dalam videi yang beredar, si guru AS kelihatan bingung dengan soal nomor 12, soal pilihan ganda tentang fungsi. Dia membacanya selama tiga menit sebelum mulai menganalisa.

Si guru AS itu sempat berusaha memecahkan soalnya menggunakan metode substitusi, namun gagal. Jadi, dia pun berusaha menjatuhkan pilihan di D.

"Saya pikir ini (jawaban D) yang paling mendekati. jadi jawabannya adalah D!" kata guru AS itu dengan penuh percaya diri. Dia menghabiskan waktu 7-8 menit.

Tetapi, jawaban yang benar ternyata adalah B yang mengejutkan pengguna internet. Video itu kemudian ditonton hingga 140 juta kali di situs Weibo.

Sejumlah netizen China pun melontarkan pendapat. "Memang soal nomor 12 itu yang tersulit," kata salah satu netizen. Ada juga yang berujar soal itu seharusnya tidak lebih dari 50 detik.

"Dia tidak akan mampu menyelesaikan seluruh ujian itu dengan kecepatan seperti itu," lanjut netizen lain. Bagaimana dengan si guru AS? Dia masih belum tahu jika jawabannya salah.

"Dia hanya mengungkapkan soal ujian itu 'sangatlah aneh' dan jelas-jelas dia tidak bisa menyelesaikannya dengan benar," kata si guru asal China tersebut.