Internasional

Sambut Lebaran, Amerika Bersatu Adakan Sosialisasi Pemakaian Masker

Sambut Lebaran, Amerika Bersatu Adakan Sosialisasi Pemakaian Masker

WASHINGTON DC, - Sosialiasi penggunaan masker untuk mencegah Covid-19 juga dilakukan dengan kompetisi virtual.

Kompetisi ini diadakan oleh organisasi Amerika Bersatu, setelah sukses mengadakan penggalangan dana dan berbagai aktivitas yang menghibur warga Indonesia di Amerika Serikat ( AS).

Acara ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat perihal pentingnya mempergunakan masker untuk menghindari terpapar virus corona.

Sosialisasi masker ini digagas oleh Luthfi Madjid dari New York dan Agus Balthazar dari Washington DC.

Mereka mengatakan, acara ini sejalan dengan ajakan Presiden Joko Widodo yang baru-baru ini mengajak warga hidup berdamai dengan corona sampai vaksin Covid-19 ditemukan.

“Pandemi ini mengubah tatanan hidup kita semua, dan masker adalah salah satu new normal tersebut,” ujar Luthfi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

“Masker dari ulos, songket, batik, atau jumputan, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk membuat masker jadi menyenangkan, sambil berkreasi untuk keselamatan,” lanjut Agus.

Acara ini diramaikan oleh jurnalis senior atau pembawa acara “Kick Andy” Andy F. Noya, seniman musik Ikke Nurjanah yang sudah beberapa kali mengadakan tur di AS, serta Tjok Abi desainer adibusana tradisional dari Bali.

Turut hadir pada acara ini Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi, istri Konsul Jenderal RI di New York Kompol Endang Arifi, artis senior James F. Sundah, dan WNI dari berbagai negara termasuk AS, Australia, Indonesia, Jepang, dan Jerman.

Sebanyak 1,200 peserta memberikan suaranya pada pemilihan pemenang favorit.