Internasional

Sejarah! Arab Saudi Luncurkan Liga Sepakbola Perempuan

Sejarah! Arab Saudi Luncurkan Liga Sepakbola Perempuan

Arab Saudi akan meluncurkan liga sepakbola perempuan, dua tahun setelah kaum perempuan di negeri kerajaan itu diizinkan untuk pertama kalinya masuk ke dalam stadion.

Liga sepakbola perempuan ini akan memainkan semua pertandingannya di Ibu Kota Riyadh, dan dua kota lainnya.

Peluncuran liga ini merupakan kebijakan terbaru dari langkah Putra Mahkota Mohammed bin Salman dalam mereformasi Arab Saudi, negara yang masyarakatnya dianggap sebagai salah satu masyarakat paling konservatif di dunia.

Para pegiat hak asasi manusia mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk menjamin hak-hak kaum perempuan di negara itu.


- AFP

Sejumlah pejabat Arab Saudi mengatakan tujuan dari langkah terbaru ini untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan di dunia olahraga.

"Peluncuran [liga] ini untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam bidang olahraga sekaligus diharapkan akan meningkatkan apresiasi bagi prestasi kaum perempuan di bidang olahraga," kata Federasi seluruh cabang olahraga Arab Saudi yang dikelola pemerintah.


- AFP

Kaum perempuan Arab Saudi pertama kali diizinkan masuk ke dalam stadion sepakbola pada Januari 2018 - tahun yang sama ketika negara kerajaan itu mengakhiri larangan berpuluh-puluh tahun bagi kaum kaum perempuan untuk mengemudi mobil.

Dan pada tahun lalu, negara kerajaan itu mengeluarkan dekrit yang memungkinkan kaum perempuan Saudi untuk bepergian ke luar negeri tanpa izin dari wali laki-laki. Dekrit itu juga membatalkan kebijakan pemisahan pengunjung restoran berdasarkan jenis kelaminnya.

Namun pada waktu hampir bersamaan, sejumlah pembela hak-hak kaum perempuan terkemuka ditangkap ketika pemerintah Saudi gencar melakukan reformasi.

Lihat artikel asli
fotter-bbc