Internasional

Setelah Melahirkan, Seorang Ibu Meninggal karena Covid-19 , Meski Telah Menggunakan Ventilator

Setelah Melahirkan, Seorang Ibu Meninggal karena Covid-19 , Meski Telah Menggunakan Ventilator

BROOKLYN, - Aurora Chacon Esparza, seorang ibu berusia 35 tahun meninggal dunia karena Covid-19, meski telah berjuang dengan menggunakan ventilator dan belum lama ini telah melahirkan seorang bayi melalui operasi caesar.  

Esparza melahirkan seorang bayi perempuan yang diberi nama Andrea, melalui operasi caesar darurat di Rumah Sakit North Memorial di Brooklyn Center, karena dokter khawatir bayinya kekurangan oksigen di dalam rahim.

Andrea dilahirkan prematur 10 minggu sebelum waktunya dengan kondisi tetap sehat, hatinya baik-baik saja, dan memiliki bobot 2 ons (0,06 kilogram).

"Dia bisa bernapas sendiri. Dia makan, dia tersenyum, dia menangis," ujar Juan, suami Esparza.

Namun, Esparza yang belum sempat mengasuh bayinya itu, meninggal pada Minggu (19/7/2020), seperti yang dilansir dari Mirror pada Rabu (22/7/2020).

Esparza meninggalkan suami dan 2 anaknya, seorang putra berusia 1 tahun dan seorang putri berusia 7 tahun, dalam kondisi masih menggunakan ventilator.

Pada awal Juni, Esparza mulai menunjukkan gejala Covid-19, seperi batuk dan gangguan pernapasan. Semenjak saat itu, ia mendapatkan bantuan pernapasan dari ventilator.

Juan tidak pernah menyangka Covid-19 menyerang istrinya, karena istrinya adalah "wanita sehat",

"Kami tidak pernah berpikir ini bisa terjadi pada keluarga kami," ujar Juan.

Ketika kondisi istrinya semakin memburuk, dokter mengatakan Espraza perlu memakai mesin ECMO (extracorporeal membrane oxygenation) yang akan bertindak sebagai jantung dan paru-parunya.