Internasional

Stok Langka, Obat Covid-19 di India Ternyata Banyak Diselundupkan Pasar Gelap

Stok Langka, Obat Covid-19 di India Ternyata Banyak Diselundupkan Pasar Gelap

NEW DELHI, - Investigasi dari BBC menemukan 2 jenis obat Covid-19 yakni remdesivir dan tocilizumab langka di India, karena banyak dijual di pasar gelap.

Obat-obatan itu dijual dengan harga yang sangat tinggi di pasar gelap "Negeri Bollywood".

Di India, remdesivir telah disetujui untuk uji klinis dan boleh dipakai dalam keadaan darurat dengan resep dokter.

Akan tetapi kelangkaan stok remdesivir di negara berpenduduk 1,3 miliar jiwa itu membuat pengobatan beberapa pasien terhambat.

Salah satunya dialami Abhinav Sharma, yang mencari remdesivir bagi pamannya yang tiap jam kondisinya memburuk karena Covid-19.

"Saya meneteskan air mata. Pamanku berjuang hidup dan saya berjuang mencari obat yang mungkin bisa menyelamatkannya," kata Sharma dikutip dari BBC Selasa (7/7/2020).

"Setelah menghubungi belasan orang, saya membayar 7 kali lipat harga untuk mendapatkan obat itu. Saya benar-benar bersedia membayar berapa pun harganya, tetapi saya prihatin dengan orang-orang yang tak sanggup membelinya."

Nasib Sharma juga menimpa banyak keluarga di New Delhi, yang mau melakukan apa pun demi menyelamatkan nyawa orang yang mereka cintai.

Beberapa mengaku dipaksa membayar harga selangit untuk mendapatkan obat corona itu. Banyak di antara mereka yang menemukan obat itu di pasar obat Delhi lama.

BBC kemudian menghubungi orang-orang yang bekerja di pasar. Mereka berkata bisa mencarikan obat tapi hanya dengan harga yang telah mereka patok sendiri.