Internasional

Tempat Paling Efektif Sebar Virus Corona COVID-19, Nomor 3 Bikin Kaget

Tempat Paling Efektif Sebar Virus Corona COVID-19, Nomor 3 Bikin Kaget

Wabah Virus Corona COVID-19 terus menjadi perhatian dunia. Data terakhir, lebih dari 2.250 orang meninggal dunia. Sedangkan total kasus orang terpapar virus hampir menyentuh angka 80 ribu kasus di seluruh penjuru dunia.

Tak hanya itu, virus yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya secara pasti ini juga telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Lebih dari 35 negara terpapar kebrutalan Virus Corona COVID-19 yang menyerang saluran pernafasan ini.

Para ahli medis dari berbagai negara terus berupaya menemukan formula untuk mengekang penyebaran virus ini. Namun semua masih tergambar 'abu-abu'. Belum ada kepastian bagaimana penanganan bagi para pasien yang terpapar.

Di China sendiri, tempat pertama ditemukan kasus ini, beberapa penanganan yang dilakukan justru membuat korban meninggal semakin banyak. Hal yang dianggap solusi malah menjadi bumerang membuat korban semakin berjatuhan. Tak hanya itu, tempat yang selama ini dianggap aman justru menjadi yang paling potensial menyebar virus ini.

Berikut tiga tempat paling potensial menyebarkan Virus Corona COVID-19:

Apartemen dilewati jalur kereta di China

1. Apartemen (rumah)
Saat awal-awal virus ini mewabah, pemerintah China sempat mengeluarkan kebijakan mengurung para penderita di apartemen atau rumah tempat ia tinggal. Banyak para ahli, langkah yang diambil pemerintah setempat di China itu justru menjadi bumerang membuat virus ini cepat menyebar. Hal itu didukung dengan banyaknya kasus sekeluarga meninggal bergantian karena Virus Corona COVID-19.

Petugas kesehatan memeriksa data pasien terjangkit Virus Corona.

2. Rumah sakit
Tempat kedua yang justru mempercepat penyebaran virus ini adalah rumah sakit. Banyak petugas medis di China yang saat ini positif terpapar Virus Corona COVID-19 karena tugasnya menangani pasien. Tentu yang paling dikenang meninggalnya Dokter Li Wengliang awal bulan ini. Dialah sosok yang justru diamankan polisi saat mencoba mengingatkan bahaya virus ini.

Ilustrasi Penjara

3. Penjara
Satu lagi tempat yang tak diduga justru menjadi tempat paling efektif menyebarkan virus ini adalah penjara. Beberapa penjara di Beijing, Hubei, Shandong dan Zhejiang positif terpapar virus mematikan ini. Penjara di Wuhan saat ini tercatat 230 narapidana terpapar. Di penjara Hubei terkonfirmasi 41 orang terpapar. Di penjara Rencheng, Shandong terkonfirmasi 200 pasien. Lalu di Penjara Shilifeng, Zhejiang tercatat 34 orang terpapar virus ini.