Internasional

Trump: AS Sudah Tahu Pengganti Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

Trump: AS Sudah Tahu Pengganti Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

WASHINGTON DC, - Presiden AS Donald Trump menyatakan, pihaknya sudah mengetahui siapa pengganti Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

"ISIS punya pemimpin baru. Kami tahu persis siapa dia," ujar Trump dalam kicauan di Twitter. Sepekan setelah Baghdadi tewas di persembunyiannya.

Pada Kamis (31/10/2019), kelompok ekstremis itu membenarkan kematian Abu Bakar al-Baghdadi, dan mengumumkan Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sebagai pengganti.

Namun, sangat sedikit yang diketahui dari Hashimi, yang kemungkinan namanya juga adalah samaran, seperti dilansir AFP Jumat (1/11/2019).

Koordinator kontra-terorisme Kementerian Luar Negeri AS Nathan Sales mengaku tak bisa memberikan detil Hashimi saat dikonfirmasi awak media.

Yang bisa dia katakan hanyalah saat ini, AS tengah mencari tahu siapa Hashimi, perannya, dan dari kelompok mana dia sebelumnya berasal.

"Kami akan terus membuat kelompok itu menghadapi tekanan kontra-terorisme tanpa henti menggunakan semua kemampuan nasional kami," tegasnya.

"Kami akan menghapuskan grup ini, siapa pun yang diangkat menjadi pimpinan di dalamnya," lanjut Sales dalam pernyataan kepada pers.

Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi tewas dalam serangan yang dilakukan Pasukan Delta di desa Barisha, Idlib, Suriah, pada Minggu (27/10/2019).

Disebutkan Baghdadi tewas dengan mengaktifkan bom bunuh diri yang dibawanya ketika dikejar oleh anjing militer hingga ke ujung terowongan.

ISIS juga mengakui bahwa juru bicara sekaligus petinggi senior mereka, Abu Hassan al-Muhajir, tewas dalam serangan sehari setelah Baghdadi.