Internasional

Umumkan Jenis Kelamin Bayi di Burj Khalifa, YouTuber Ini Banjir Kritik

Umumkan Jenis Kelamin Bayi di Burj Khalifa, YouTuber Ini Banjir Kritik

DUBAI, - Pesta kembang api usai pengungkapan jenis kelamin bayi yang dilakukan oleh sepasang YouTuber sekaligus Influencer Arab, Anas dan Asala Marwah mendapat kritik.

Melansir The Independent, pesta itu menuai kritik usai kebakaran California yang ternyata dipicu oleh pesta serupa.

Awal pekan ini, YouTuber Anas dan Asala Marwah yang membawakan acara di akun YouTube Anasala Family dan memiliki 7.7 juta pengikut, melakukan pesta pengungkapan jenis bayi dan membagikan video berdurasi 15 menit di Instagram 3 hari lalu.

Video yang ditonton lebih dari 18 juta kali pada Sabtu kemarin (12/9/2020) memperlihatkan pasangan YouTuber itu dan keluarga mereka berkumpul menyaksikan pertunjukan ekstravaganza yang dipantulkan dari menara Burj Khalifa.

Ketika menara itu berwarna biru dan bertuliskan "It's a boy" yang berarti anak yang dikandung Asala Marwah adalah laki-laki, mereka berteriak, berpelukan dan menangis bahagia.

"Kami telah menantikan ini dari 2 bulan lalu," ujar Asala dalam bahasa Arab di video sebelum kejutan dari menara Burj Khalifa ditayangkan.

Sementara pasangannya, Anas Marwah mengatakan, "Kami ingin melakukan sesuatu yang spesial namun juga sangat berkesan bagi keluarga kami untuk bisa kami kenang dari apa yang telah kami ciptakan."

Meski fenomena pengungkapan jenis kelamin bukan hal baru, namun pesta pengungkapan jenis kelamin bayi diketahui telah menyebabkan kebakaran hutan masif di California, tepatnya di El Dorado yang telah membakar hampir 14.000 hektar dan hanya 37 persen terkendali sejak dimulai akhir pekan lalu.

Sebelumnya, seperti diberitakan Kompas.com (7/9/2020) menerangkan bahwa Departemen Kebakaran California ( Cal Fire) dalam rilis resmi, menyatakan penyebab kobaran api El Dorado.

"Kebakaran El Dorado disebabkan perangkat piroteknik penghasil asap yang digunakan selama pesta [yang] mengungkapkan jenis kelamin bayi," jelas Cal Fire.

Seorang blogger Facebook Jenna Karvunidis merespons kejadian itu, "Oh Tuhan, TIDAK. Api yang mengevakuasi beberapa bagian wilayah California ternyata berasal dari PESTA PENGUNGKAPAN JENIS KELAMIN."

Sampai saat ini belum ada tanggapan dari pihak Anas dan Asala Marwah terkait kritik tersebut.