Kesehatan

4 Makanan yang Harus Dihindari Wanita Hamil

4 Makanan yang Harus Dihindari Wanita Hamil

, Jakarta Saat hamil, makanan yang Anda konumsi akan dikonsumsi juga oleh bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan nutrisinya.

Sejak usia kandungan masih muda, Anda dapat membuat daftar makanan yang dapat dikonsumsi saat hamil ataupun tidak. Berikut ini adalah makanan yang harus Anda hindari saat hamil demi kesehatan sang buah hati nanti:

1. Ikan Tertentu

Ikan dianggap sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama saat Anda hamil. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa ikan yang mengandung merkuri tinggi untuk mengurangi risiko permasalahan saat kehamilan.

Menurut U.S Department of Health & Human Services (USGHHS), wanita hamil harus menghindari ikan tuna mata besar, marlin, ikan todak, raja makarel, hiu, orange kasar, dan tilefish Teluk Meksiko. Selain itu, wanita hamil juga perlu menghindari semua ikan mentah dan setengah matang karena mengandung bakteri berbahaya.

U.S Food and Drug Administration (FDA) memberitahu bahwa masih banyak ikan yang aman untuk dikonsumsi saat hamil, seperti ikan teri, sarden, haring, lele, salmon, dan nila. Pilihan ikan ini dapat membantu Anda menyediakan nutrisi yang bermanfaat. FDA menyarankan untuk mengonsumsinya dua sampai dengan tiga porsi setiap minggu. Penjelasan tersebut berdasarkan lansiran dari Medical News Today.