Kesehatan

5 Manfaat Mengurangi Asupan Gula, Salah Satunya Mencegah Sakit Jantung

5 Manfaat Mengurangi Asupan Gula, Salah Satunya Mencegah Sakit Jantung
Jakarta -

Mengurangi kebiasaan mengkonsumsi gula bagi sebagian orang mungkin sulit dilakukan. Belum lagi, banyak gula tersembunyi dalam makanan dan minuman sehari-hari.

The American Heart Association merekomendasikan tidak lebih dari enam sendok teh gula dalam sehari. Mengkonsumsi gula berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh.

"Banyak manfaat yang ditimbulkan jika kamu mengurangi asupan gula tambahan," kata Kimber Stanhope, PhD, ahli biologi nutrisi dari University of California.

Berikut 5 manfaat mengurangi konsumsi gula bagi tubuh, dikutip dari Health.

1. Membuat kulit awet muda

Terdapat penelitian yang menemukan bahwa kadar gula darah tinggi dalam tubuh dipengaruhi oleh konsumsi gula yang berlebih. Hal ini membentuk efek domino molekuler yang disebut glikasi. Proses ini dapat menghambat perbaikan kolagen kulit, protein yang membuat kulit lebih kencang. Jadi mengurangi asupan gula dapat membuat kamu terhindar dari tanda-tanda penuaan.

2. Mengurangi lemak perut

Makanan manis dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh yang dapat memicu kelebihan insulin. Hal ini dapat mendorong menumpuknya lemak di bagian perut. Lemak ini dikenal dengan nama visceral yaitu sebuah lemak yang paling berisiko karena menghasilkan hormon adipokin dan adiposa. Tidak hanya itu, lemak ini dapat menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker.

3. Menurunkan berat badan

Ahli endorkin, David Ludwig, MD, menyebut kadar insulin yang meningkat tidak hanya menambah lemak pada perut, tetapi menempel pada sel-sel lemak di seluruh tubuh. Mengurangi makanan manis seperti gula dapat membantu menjaga insulin lebih stabil karena sedikit kalori yang tersimpan sebagai lemak.

4. Menurunkan risiko diabetes

Mengurangi asupan gula juga dapat membantu terhindar dari risiko diabetes tipe 2. Sebab, membatasi konsumsi gula dapat mengurangi jumlah gula darah di dalam tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi gula tambahan dapat memicu gangguan sistem kardiovaskular. Penelitian lain di tahun 2014 mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi 17-21 persen kalori harian dari makanan manis memiliki risiko 38 persen lebih tinggi meninggal akibat penyakit jantung. Jadi mengurangi konsumsi gula dapat meningkatkan risiko terhindar dari penyakit jantung.



Simak Video "Takut Gendut? Ini Tips Minum Boba Rendah Gula"

(up/up)