Kesehatan

5 Tips Makan Sehat Saat Travelling

5 Tips Makan Sehat Saat Travelling

, Jakarta Bagi Anda yang sedang dalam perjalanan bisnis, liburan keluarga, atau berkeliling dunia, makan sehat saat dalam perjalanan dapat menjadi tantangan Anda.

Makanan cepat saji memang sangat menggiurkan dan tersedia dimana-mana. Namun karena hal ini, James Lynch, pesepak bola Baylor Bears yang melakukan perjalanan darat lebih dari 4 bulan dan 15.000 mil pada Juli lalu memberikan tips makan sehatnya ketika bepergian, dilansir dari Menshealth.com.

1. Perlengkapan lengkap

Persiapkan alat dapur yang mudah dibawa namun fleksibel dapat digunakan untuk berbagai menu. Yang terpenting yaitu kompor, tempat pendingin makanan, piring dan mangkuk plastik, pisau pengupas kecil, talenan kecil, spatula karet, panci aluminium ringan, dan panci besi yang mudah dibersihkan hanya dengan menyeka pakai lap/tisu.

2. Buat sarapan Anda mudah

James Lynch sering sarapan sederhana berupa yogurt dan oat. Yogurt yang ia makan adalah yogurt polos dan untuk membuat sarapan lebih mengenyangkan, Lynch akan menambahkan oat dan buah. Stroberi biasanya masih bagus dalam wadah pendingin untuk satu atau dua hari, seperti halnya kiwi, apel, dan jeruk.

3. Makan siang, pilih yang ringan

Makan siang saatnya asupan sayuran hijau. Karena sulit menjaga agar sayuran tidak layu jika disimpan terlalu lama, jadi James Lynch akan membeli sayur jadi di jalan.

"Restoran seperti Panera dan Applebee dapat ditemukan di dekat banyak jalan dan menawarkan item menu yang berat. Walmart juga sering menjual salad siap santap yang murah." ujar James Lynch.

Di kota-kota kecil yang tidak ada jejeran restoran, James Lynch akan mencari tempat pembuatan bir karena mereka sering menyediakan salad di menu, ditambah bir.

Selain itu, James Lynch menyimpan selai kacang dan agar-agar, sepotong roti, dan kaleng tuna setiap saat sehingga bahkan jika tidak bisa mendapatkan sayuran hijau, Lynch tidak perlu makan burger.